Ladies, Naik Motor Pakai Rok Tak Dianjurkan, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp
Ilustrasi Wanita Mengenakan Celana Pendek saat Berkendaraa. (FOTO: Int)

Smart News Tapanuli – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi andalan bagi perempuan saat beraktivitas. Akan tetapi masih ada saja perempuan yang saat menjadi pengendara maupun jadi ‘boncengers’ tidak memperhatikan busana aman saat berkendara motor.

Namun, salahnya adalah menggunakan rok baik pendek maupun panjang. Rok pendek tentu membuat pengendara menjadi tak leluasa bergerak. Sementara rok pendek bisa saja terselip di bagian rantai motor, maupun di komponen sepeda motor lainnya.

Bacaan Lainnya

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, untuk pengendara motor perempuan menggunakan rok sebenarnya bukan kasus baru dan banyak yang sudah kejadian celaka.

“Saya melihatnya karena aspek keselamatan berkendara kerap dilupakan atau diabaikan oleh banyak orang, terutama di negara berkembang seperti Indonesia,” kata Jusri kepada VIVA, baru-baru ini.

Menurutnya, penegakan hukum untuk pengendara seperti ini harusnya juga bisa ditegakan karena perempuan dengan busana yang membahayakan saat berkendara berada di public area dan ada kemungkinan membahayakan dirinya maupun orang lain.

“Mungkin bisa dilakukan menegur, bukan tilang ya. Karena masyarakat belum sadar keselamatan di jalan,” katanya.

Justri menyarankan, agar pengendara motor perempuan tetap aman dan nyaman ketika menunggangi kuda besinya, untuk mengganti rok dengan celana panjang yang lebih aman.

“Mungkin bisa diganti dengan celana panjang, kemudian tetap pakai sepatu yang nyaman. Lalu pakai jaket dan riding gear biasa, sampai lokasi baru ganti busana. Repot memang rasanya, tetapi kalau celaka malah lebih repot,” katanya. (*)

 

sumber: viva.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *