Wuih, Bakal Ada Motor Bisa Membaca Pikiran Pengendaranya

honda
Bakal Ada Motor yang Bisa Baca Pikiran Pengendaranya.

SNT – Seiring berkembangnya teknologi, kendaraan roda dua akan berkembang ke arah yang tidak pernah terbayangkan ke depan. Misalnya Honda, kini sedang melakukan penelitian untuk membangun motor yang bisa baca pikiran pengendaranya.

Sebagaimana dikutip dari Cycle World, Honda sudah memasukkan paten dalam sebuah sistem yang bisa mendeteksi gelombang otak.

Bacaan Lainnya

Lantas, apa sih gunanya teknologi ini? Disebutkan bahwa kalau motor nantinya akan mampu mengetahui apa niat/keinginan otak si pengendara.

Sistem tersebut pada akhirnya akan bisa mencegah kecelakaan saat pengendara melakukan kecerobohan ataupun kesalahan.

Paten teknologi pembaca pikiran ini diajukan oleh pusat pengembangan dan riset Honda yang terletak di Los Angeles.

Akan tetapi teknologi ini dinyakini masih butuh waktu sangat panjang untuk dikembangkan hingga akhirnya diterapkan pada motor-motor produksi pabrikan asal Jepang itu.

Bagaimana motor bisa membaca pikiran pengendara?

Tentu saja hal ini akan dibantu oleh sebuah helm pintar. Di mana di dalamnya terdapat elektroda yang bisa menerima sinyal gelombang otak.

Sinyal itu kemudian dikirim ke komputer khusus yang kemudian menginterpretasikannya ke motor.

Ini membutuhkan motor yang dilengkapi dengan serangkaian sensor, termasuk accelerometer, gas elektrik, traksi kontrol, pengereman ABS yang dikendalikan komputer serta sensor yang mampu mengukur sudut setang, plus actuator untuk menggerakkan setang jika dibutuhkan.

Dikatakan, kendaraan yang mampu membaca pikiran pengemudinya sebenarnya bukan wacana yang benar-benar baru.

Elon Musk pernah menyinggung teknologi serupa untuk diterapkan pada mobil-mobil Tesla. Langkah ke arah tersebut sebenarnya sudah dilakukan Honda.

Honda sudah memperkenalkan motor yang mampu menyeimbangkan diri kendati dalam posisi statis. Dalam hal ini, insinyur Honda menyebutkannya sebagai Riding Assist Technology. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *