Profil Cita Citata

  • Whatsapp
Cita Citata. (Foto: Instagram)

SmartNews – Sempat mencoba ke jalur musik pop dan jazz, Cita Citata justru mendapatkan popularitasnya lewat lagu dangdut “Sakitnya Tuh di Sini”.

Wanita pemilik nama asli Cita Rahayu ini menggeluti dunia tarik suara sejak masih belia. Saat kelas 4 SD, ia sering bernyanyi dangdut di acara pernikahan. Beranjak remaja tepatnya saat SMA, ia pun menjajal musik pop dan jazz.

Bacaan Lainnya

Pada 2014, Cita Citata memutuskan bergabung dengan Sani Music Indonesia. Putri dari pasangan Herdi Suwito dan Otih Juariah ini mengawali karier dengan singlenya “Kalimera Athena” karya musisi Doel Sumbang asal Bandung.

Saat membawakan lagu tersebut di sebuah acara, Cita mengaku sulit konsentrasi karena tengah dilanda patah hati.

Akan tetapi, muka kusut dan patah hatinya itu dilihat oleh salah satu pencipta lagu lain yang kebetulan berada di tempat pertunjukkan tersebut. Alhasil pencipta lagu itu membuatkan sebuah lagu dangdut dengan judul “Sakitnya Tuh di Sini”.

Ternyata lagu ini meledak di pasaran bersamaan usianya menginjak 20 tahun. Nama Cita Citata, sebagai nama panggung, pun melambung di dunia musik dangdut Indonesia. Ia juga diajak main sinetron “Diam-diam Suka” yang lagu sountracknya menggunakan “Sakitnya Tuh di Sini”.

Tahun 2014 memang menjadi milik Cita Citata. Untuk memuaskan penggemarnya, Citata, yang pernah bekerja di tempat karaoke, merilis mini albumnya bertajuk “Sakitnya Tuh di Sini” berisi 6 trak yang di antaranya telah menjadi hits seperti “Sakitnya Tuh di Sini”, “Goyang Dumang”, “Aku Mah Apa Atuh”, “Perawan atau Janda”, “Meriang”, dan single perdananya “Kalimera Athena”.

Berkat penampilannya, Cita Citata meraih penghargaan pertamanya dari SCTV Awards dalam kategori soundtrack sinetron paling nggetop untuk lagu “Sakitnya Tuh di Sini” pada tahun 2014.

Selang setahun, Cita Citata sudah bisa berjejer bersama pedangdut senior tanah air dalam perhelatan Anugerah Musik Indonesia (AMI) dan berhasil menjadi pemenang dalam kategori Artis Solo Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik 2015.

Tak hanya Cita Citata yang populer. Nama pencipta lagu “Sakitnya Tuh di Sini” dan “Goyang Dumang” pun terekspos di media setelah kemenangannya dalam perhelatan tersebut. Ia ternyata bernama Ishak. Lagu “Sakitnya Tuh di Sini” juga mengantarkan Ishak dan Tjahjadi Djajanata, sebagai penata musik, menjadi pemenang dalam Kategori Pencipta Lagu Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik dan Kategori Produser/Penata Musik Lagu Dangdut Terbaik.

Meski kariernya terus menanjak, justru kehidupan pribadinya sempat menuai kontroversi terkait perceraiannya.

Cita Citata disomasi suaminya, Galih Purnama, lantaran merasa tidak pernah diakui sebagai suami di tengah popularitasnya. Padahal pernikahan mereka resmi tercatat di KUA Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat yang dilaksanakan pada 28 Oktober 2012.

Cita Citata yang ketahuan sudah menikah akhirnya minta maaf kepada masyarakat, karena selama ini telah membohongi publik tentang statusnya, pada 28 Desember 2014. Ia pun resmi bercerai dari Galih pada Maret 2015.

Perceraiannya ini tak membuat sakit hatinya. Ia justru menikmati popularitasnya sambil keliling kota untuk menggoyang panggung dangdut Indonesia.

Keluarga: Orang Tua : Herdi Suwito dan Otih Juariah. Suami : Galih Purnama (cerai)

Karier: Diskografi, Single, Kalimera Athena (2014), Sakitnya Tuh Disini, ditulish oleh Ishak (2014), Goyang Dumang, ditulis oleh Ishak (2014).

Perawan Atau Janda (2014), Kau Tercipta Untukku (tribute to Rinto Harahap) (2015), Aku Mah Apa Atuh, yang diciptakan oleh Gaya Baru Malam Selatan (2015).

Meriang (Merindukan Kasih Sayang), yang diciptakan oleh Gaya Baru Malam Selatan (2015), Bersyukurlah (2015),
Penipu (2015). Jamur (Janda Dibawah Umur) (2015), Pernikahan Dini (2015), Uwiw Uwiw (2016), Jangan Ganggu, Pacarku (2016), NYCITA (2017), Bahagia Itu Sederhana (2017).

Album: Story of My Life (2016). FTV Sakitnya Tuh Disini. Sinetron Diam-diam Suka.

Penghargaan: Soundtrack Sinetron Paling Ngetop untuk lagu “Sakitnya Tuh Disini”, SCTV Awards (2014), Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler, MNCTV Dangdut Awards (2014), Lagu Dangdut Paling Inbox dan Penyanyi Dangdut Paling Inbox, Inbox Awards (2015).

Sumber: www.jagodangdut.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *