Strategi Pemasaran Biar Dagangan Laris Manis

  • Whatsapp
Jannes Maharaja.

SmartNews, Sibolga – Rumah Kreatif BUMN (RKB) PLN Sibolga melatih 40-an pengusaha mikro untuk memasarkan produknya secara online.

Acara ini digelar dalam seminar sehari bertema “Bersama Mari Kita Wujudkan UKM Indonesia” di sekretariat RKB PLN Sibolga, Jalan Dolok Martimbang, Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2019).

Marketing online, Abdi Somat Hutabarat, memaparkan cara sukses menjual hasil produk secara online. Saat ini bisnis online sangat diminati karena harga yang lebih murah dan cepat diakses.

“Semua hasil produk yang ada di RKB PLN Sibolga ini bisa kita jual secara online,” ujar Abdi Somat.

RKB ini sudah memiliki website dan juga aplikasi yang mudah diakses, sehingga terkoneksi dengan RKB PLN yang ada di seluruh Indonesia.

“Seminar dan pelatihan ini dilakukan, agar peserta mengetahui cara mudah mengakses dan menginput produknya ke laman RKB PLN Siboga,” ungkap dia.

Pada kesempatan yang sama, Jannes Maharaja yang juga pengelola RKB PLN Sibolga, mengajak pengusaha mikro untuk memanfaatkan jasa perbankan.

Menurut Jannes, saat ini pemerintah memprioritaskan pengembangan UKM lewat bantuan kredit usaha rakyat (KUR) dari perbankan.

Mulai sekarang, peserta sudah bisa mempertimbangkan, berapa besaran yang akan dipinjam ke bank, agar pengembangan dan perputaran hasil prosuksi lebih cepat.

“Itulah untungnya ikut bergabung di RKB PLN ini. Selain membantu memasarkan hasil produk, kita juga akan membantu pengajuan kredit ke perbankan,” jelas Jannes.

Jadi setiap pengusaha mikro yang bergabung di RKB PLN Sibolga akan dibina dan dilatih memasarkan hasil produksi. Kalau selama ini para pengusaha mikro hanya dimanfaatkan jika ada kegiatan pameran, maka di RKB tidak demikian.

“Cara kami di RKB ini dengan membeli produknya untuk dijual. Jika banyak pesanan, maka kami order langsung ke pengusahanya untuk diproduksi lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Peserta seminar RKB PLN Sibolga foto bersama.

Pihaknya mengapresiasi PT PLN (Persero) yang sudah memberi perhatian untuk pengembangan usaha mikro yang ada di Sibolga.

Jannes berharap, BUMN yang lain turut membuka peluang seperti yang dilakukan PLN, atau dapat juga menyalurkan CSR-nya untuk pengembangan pengusaha mikro yang tergabung dalam RKB PLN Sibolga.

Sementara itu, Manajer UP3 PLN Sibolga, Poltak Samosir, diwakili, Marfin Tanjung berharap, dengan pembinaan tersebut, para pengusaha mikro dapat berkembang, sebagaimana tujuan utama RKB PLN Sibolga.

“Kami berharap, RKB PLN ini dimanfaatkan sebaik mungkin demi pengembangan usaha,” pungkasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *