Sering Pedagang Bertengkar di Pasar Siborongborong, Kenapa? Begini Ceritanya

  • Whatsapp
Babinsa Turun Menertibkan Pedagang yang Berjualan Hingga ke Bahu Jalan di Pasar Siborongborong, Taput. (Foto: Penrem023)

SmartNews, Taput – UPT Pasar Siborongborong, Tapanuli Utara berulangkali mengingatkan para pedagang musiman yang melakukan jual beli di Pasar Induk Siborongborong agar tetap menjaga ketertiban. Namun seringkali arahan UPT Pasar Siborongborong, Jaintan Pane tidak digubris.

Menanggapi kondisi tersebut, sebagai unsur komando teritorial di wilayah Kecamatan Siborongborong, para Babinsa Koramil 18/Siborongborong, Kodim 0210/Tapanuli Utara, turun melakukan penertiban, Selasa (10/9/2019).

Bacaan Lainnya

“Penertiban ditujukan kepada para pedagang yang sengaja memakai bahu jalan untuk berjualan, agar mundur dari bahu jalan tersebut, sehingga mempermudah para pembeli dan lalu lintas jadi lancar,” kata Danramil 18/Siborongborong, Kapten Arm Guntur Sebayang.

Menurut Danramil, seringkali pedagang yang berjualan di dalam balairung menambah area hingga ke luar batas yang telah ditentukan. “Sehingga kondisi itu selalu menimbulkan perselisihan dan pertengkaran antar pedagang,” ungkapnya.

Turunnya para Babinsa melakukan penertiban mendapat apresiasi dari UPT Pasar Siborongborong.

“Dengan didampingi Bapak-bapak Babinsa Koramil 18/Siborongborong, kami UPT Pasar Siborongborong merasa senang dan mudah menertibkan para pedagang,” kata Jaintan Pane.

Dampak lain dengan hadirnya para Babinsa di tengah proses jual beli Pasar Induk Siborongborong dapat mencegah terjadinya berbagai macam kejahatan seperti jambret, copet, pencurian dan konflik antar pedagang.Sejumlah pedagang mengapresiasi turunnya Babinsa melakukan penertiban.

“Dengan hadirnya Bapak-Bapak Babinsa Koramil 18/Siborongborong, kami para pedagang merasa aman dan nyaman tidak khawatir akan terjadinya kejahatan maupun keributan di pasar,” ucap Mastauli Silaban.

“Terima kasih kepada Bapak-Bapak Babinsa Koramil 18/Siborongborong yang sudah mengamankan dan membuat nyaman para pengunjung pasar,” kata Ibu Norma br Hutasoit, pedagang lainnya.

Tak hanya itu. Kelancaran arus lalu lintas juga turut terbantu dengan adanya penertiban para pedagang yang berjualan di pinggir bahu jalan. Petugas Dishub juga berterimakasih.

“Kami merasa banyak terbantu oleh Bapak-Bapak Babinsa Koramil 18/Siborongborong dalam memperlancar arus lalu lintas yang keluar masuk pasar dan terminal Siborongborong,” kata seorang petugas Dishub Taput. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *