Darwin Pohan Ziarah ke Makam Datuk Itam

  • Whatsapp
Bakal Calon Wali Kota Sibolga, Darwin Pohan Ziarah ke Makam Datuk Itam di Poncan Ketek, baru-baru ini. (Foto: dok)

SmartNews, Sibolga – Bakal Calon (Balon) Wali Kota Sibolga, Darwin Pohan bersama pendukungnya ziarah ke makam Datuk Itam di Poncan Ketek pada, Jumat lalu (13/9/2019).

Pagi itu, setibanya di Pelabuhan Lama Sibolga yang biasa disebut Pantai Anggar, Darwin dengan stelan baju putih lengan panjang dan memakai kaca mata dan peci hitam kemudian menaiki boat. Ia juga didampingi seorang Budayawan Syafriwal Marbun, serta Ahmad Bukran Tanjung yang merupakan salah seorang keturunan dari Datuk Itam.

Bacaan Lainnya

Selama berlayar sekitar 20 menit sebelum sampai di Poncan Ketek, Bang Darwin sapaan akrabnya berbincang-bincang dengan Syafriwal Marbun seputar makam Datuk Itam.

Setibanya di pinggir pantai Poncan Ketek, Darwin turun dari boat dan berjalan menuju makam Datuk Itam. Di lokasi makam, Darwin bersama pendukungnya menggelar doa, dilanjut penjelasan singkat mengenai Datuk Itam dari Syarfiwal Marbun. Begitu juga Ahmad Bukran Tanjung menyampaikan harapannya.

“Ini adalah tempat pemakaman terakhir Datuk Itam yang wafat pada 1836. Waktu itu dia meninggal di Sibolga. Tapi diminta ke sini. Di Poncan inilah Datuk Itam ditabalkan sebagai datuk segala orang pesisir,” kata Syafriwal menjelaskan kepada wartawan di lokasi.

“Dialah (Datuk Itam) yang meletakkan dasar adat Sumando,” kata Syafriwal.

“Jadi kami berharap dengan datangnya pak Darwin Pohan untuk mengembalikan semangat Poncan Ketek ini kembali seperti yang sudah-sudah,” sambungnya.

Menurut Syafriwal, Abdul Mutholib gelar Datuk Itam merupakan seorang keturunan India yang dibawa oleh Inggris membangun benteng yang ada di Bengkulu.

“Dia (Datuk Itam) lahir 1770, dan 23 tahun kemudian dia diangkat menjadi Datuk Poncan menjadi kaki tangan Inggris,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Bukran Tanjung salah seorang keturunan Datuk Itam berharap Darwin Pohan dapat melakukan pemugaran di kawasan makam Datuk Itam ini.

“Kalau nanti Pak Darwin atas izin Allah, tolonglah nanti kawasan makam ini diperbaiki. Kalau bisa nanti Poncan Ketek ini dibuat jadi tempat wisata,” pinta Ahmad Bukran Tanjung yang akrab dipanggil Panglima Mursala.

Darwin pun mengapresiasi Syafriwal Marbun dan Ahmad Bukran Tanjung bersedia membawanya ziarah ke makam Datuk Itam.

“Ya, bagus sekali. Saya mengapresiasi bapak-bapak ini bisa membawa saya ke sini. Dan saya pun nanti, Insya Allah menjadi Wali Kota Sibolga, ini akan saya bangun. Prioritas bagi saya untuk pariwisata. Ini akan kita kembangkan menjadi tempat pariwisata. Luar biasa ini,” ungkapnya.

Darwin bersama pendukungnya juga menyempatkan diri menikmati panorama di Poncan Ketek. Ia tampak menikmatinya dan sempat berswafoto. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *