5 Kesalahan Olahraga Memicu Penuaan Dini

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi Joging. {Net)

SmartNews – Olahraga secara aktif dan rutin memang bermanfaat bagi tubuh, khususnya membuat menjadi lebih sehat dan nampak lebih muda. Tetapi, beberapa kesalahan cenderung diabaikan dan malah berpotensi memicu tubuh menjadi lebih cepat tua.

Tidak saja olahraga yang berlebihan yang berbahaya bagi tubuh, tetapi juga teknik dan beberapa hal lain turut membuat tubuh malah menjadi tak sehat dan cenderung mempercepat penuaan. Berikut beberapa kesalahan saat olahraga yang perlu dihindari, dikutip dari laman Times of India, Selasa, 19 November 2019.

Tidak memperhatikan postur tulang punggung

Tak peduli seberapa keras berolahraga di gym, kalau kamu tak memperhatikan bagaimana menjaga postur tulang punggung dengan baik, maka semua akan sia-sia. Postur yang buruk atau tulang punggung yang berbentuk kurang baik, dapat memicu nyeri dan masalah kesehatan lainnya.

Terlebih, postur tulang punggung yang buruk memicu tubuh nampak lebih tua. Untuk itu, diharapkan tetap menjaga postur tulang punggung tetap baik agar mencegah penyakit berbahaya lainnya dan penuaan.

Fokus olahraga jantung

Beberapa jenis olahraga jantung seperti berlari atau senam cepat, memang tepat untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot lebih ideal. Tapi, kalau terlalu berlebihan dan cenderung jarang melakukannya kembali, otot akan melemah dan perlahan membuat kulit kendor.

Nggak mau seperti itu, kan? Nah, coba untuk tetap rutin membakar lemak dan menjaga kekuatan otot dengan olahraga ringan selama 2 kali seminggu.

Tidak melakukan HIIT

HIIT atau High Intensity Interval Training dapat membantu memperlambat penuaan. HIIT meningkatkan kadar energi di tubuh dan menjaga metabolisme serta sensitivitas insulin tetap baik. Keseluruhan proses itu dapat mencegah tubuh dari penuaan dini.

Tidak memperhatikan olahraga pelvik

Olahraga pelvik sangat dibutuhkan namun jarang dilakukan. Seiring bertambahnya usia, otot pelvis butuh ditingkatkan untuk mencegah masalah kesehatan yang ditimbul di sekitarnya seperti area perut, ginjal, dan kandung kemih. Kegel menjadi salah satu jenis olahraga mudah dan sederhana untuk meningkatkan kekuatan otot pelvik.

Tidak melakukan peregangan

Kata siapa peregangan bukan hal yang penting? Langkah ini sangat krusial karena membantu menstimulasi tegangan dari otot dan sel tubuh. Melangkahi peregangan bisa membuat penuaan dini pada sel yang tidak diberikan stimulasi sebelum berolahraga.

Sumber: viva.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *