Gempa M 4.7 di Tapsel, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp

SmartNews, Sumut – BMKG merilis informasi gempabumi tektonik M 4.7 yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, Minggu (1/12/2019) malam, pukul 20.17 WIB.

Dalam siaran persnya, Minggu malam, Kepala BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan menyampaikan, dari hasil analisis BMKG bahwa, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Toru.

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Pinangsori III MMI dan Pangaribuan dan Tarutung II MMI,” tulis Edison Kurniawan.

BMKG mengimbau masyarakat terdampak gempa agar tetap tenang. “Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” sambungnya.

Gempabumi berkekuatan M 4,7 itu terletak pada koordinat 1,75 LU dan 99,15 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km barat laut Tapanuli Selatan, Sumut di kedalaman 10 km. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *