Jokowi ke Natuna, Kapal Nelayan China Pergi

  • Whatsapp
Foto: Presiden RI Joko Widodo Kunjungi Natuna. (Dok-Istimewa)

SmartNews, Natuna – Kapal asal China yang memasuki Perairan Natuna untuk menangkap sudah beranjak pergi, setelah Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Natuna, pada Rabu (8/1/2020).

Hal itu disampaikan Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi kepada wartawan, kemarin.

Bacaan Lainnya

“Mereka, kapal-kapal China yang waktu itu melakukan illegal fishing mereka sudah pergi meninggalkan Natuna, pascakunjungan Bapak Presiden ke Natuna,” ujar Sisriadi.

“Saya kira kunjungan Bapak Presiden ke Natuna merupakan pesan dari pemerintah kita kepada Beijing. Saya kira itu dibaca secara cermat oleh Beijing,” sambungnya.

Sebelumnya dalam kunjungannya ke Natuna, Presiden RI Joko Widodo kepada Panglima TNI menanyakan apakah ada kapal Negara asing yang memasuki laut teritorial Indonesia.

“Saya bertanya ke Panglima TNI, apakah ada kapal negara asing memasuki laut teritorial Indonesia? Ternyata tidak ada,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kapal asing tersebut berada di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia, bukan laut teritorial Indonesia.

Foto: Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi. (Screenshot)

“Di zona tersebut kapal internasional dapat melintas dengan bebas, dan Indonesia memiliki hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya. Indonesia memiliki hak berdaulat untuk menangkap atau menghalau kapal asing yang mencoba memanfaatkan kekayaan alam di dalamnya secara illegal,” lanjut Presiden.

Presiden minta, agar kapal-kapal TNI Angkatan Laut senantiasa untuk bersiaga menjaga kedaulatan Tanah Air Indonesia di laut Natuna. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *