Selamat, Letda Juanda Siregar Alumni SMAN 1 Matauli Pandan Raih Adhi Makayasa 2020

  • Whatsapp
FOTO: Presiden RI Joko Widodo saat Melakukan Pelantikan. (Kiri-Letda Juanda Siregar)

SmartNews, Tapteng – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI dan Polri dalam upacara Prasetya Perwira (praspa) TNI-Polri 2020, bertempat di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (14/7/2020).

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 55 TNI Tahun 2020 dan Nomor 56 Polri Tahun 2020 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi Kepolisian menjadi Perwira TNI dan Polri.

Bacaan Lainnya

Dalam surat keputusan itu, Presiden Jokowi mengangkat taruna dan taruni lulusan Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol) menjadi perwira TNI AD, TNI AL, TNI AU dan perwira Polri dengan pangkat sebagaimana tercantum, terhitung mulai tanggal sebagaimana tercantum dalam surat keputusan, 13 Juli 2020.

Di acara tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa atau penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan kepolisian, yaitu darat, laut, udara, dan kepolisian.

Keempat nama peraih Adhi Makayasa yakni:

1. Angga Adhika Yudha, Sarjana Terapan Pertahanan, Letnan Dua Infanteri, NRP 11200007891197 sebagai Adhi Makayasa Akmil.

2. Rizqy Zealand Djuhaeri, Sarjana Terapan Pertahanan, Letnan Dua Laut Pelaut, NRP 23659P, sebagai Adhi Makayasa AAL.

3. Juanda Siregar, Sarjana Terapan Pertahanan, Letnan Dua Teknik, NRP 12019508551564, sebagai Adhi Makayasa AAU.

4. Ivan Pradipta Mahadika, Sarjana Terapan Kepolisian, Inspektur Polisi Dua, NRP 98040794, sebagai Adhi Makayasa Akpol.

Upacara pelantikan dilakukan secara virtual. Hanya perwakilan peraih Adhi Makayasa yang hadir di Istana Negara beserta orang tua dan sejumlah pejabat. Jokowi mengaku, bangga bisa melantik para perwira TNI dan Polri tahun 2020.

Dalam pesannya kepada perwira TNI dan Polri, Presiden Jokowi meminta perwira TNI dan Polri selaku pengawal masa depan senantiasa harus dapat membaca tantangan dan peluang ke depan.

“Sebagai pengawal masa depan, saudara-saudara harus cakap membaca tantangan dan peluang. Dunia berubah begitu cepatnya. Disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan, dan revolusi industri jilid keempat semakin mendorong perubahan super cepat,” ujar Presiden Jokowi.

Kemudian diperoleh informasi bahwa dari empat nama peraih Adhi Makayasa tersebut, salah satunya diketahui Alumni SMAN 1 Matauli Pandan bernama Juanda Siregar.

FOTO: Ir Akbar Tanjung saat Ditemui Letda Juanda Siregar. (Foto: Istimewa)

Kepala SMAN 1 Matauli Pandan Murdiyanto Teguh di lini masa facebook nya bernama Dianto Teguh mengucapkan selamat kepada Juanda Siregar.

Selamat kepada Letnan Dua Juanda Siregar atas prestasinya meraih ADHI MAKAYASA AAU 2020 (Alumni SMAN 1 MATAULI PANDAN). Salah satu kebanggaan dan kebahagiaan pendidik adalah melihat kesuksesan anak didik. Tetap santun, rendah hati dan berintegritas. Selamat bertugas semoga sukses dalam karier. Aamiin,” tulisnya.

Usai pelantikan, Letda Juanda Siregar juga menemui Pembina Yayasan SMAN 1 Matauli Pandan, Ir Akbar Tanjung.

Hal ini diketahui lewat foto-foto momen Juanda Siregar saat bertemu dengan Akbar Tanjung yang diperoleh SmartNews, Tapanuli.

Informasi dihimpun, Juanda Siregar merupakan putra asli Desa Ujung Padang, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatra Utara (Sumut). (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *