Ini Risiko Jika AC Mobil Nyala Tanpa Menghidupkan Mesin

ac mobil

SmartNews, Tapanuli – Mungkin Anda pernah menyalakan AC mobil namun mesin tidak ikut dihidupkan.

Nah, jika pernah demikian, untuk saat ini dianjurkan agar sebaiknya kebiasaan itu jangan diulangi, karena bisa berdampak buruk ke sistem kelistrikan mobil.

Bacaan Lainnya

Seperti dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna. Katanya, saat kenop AC mobil diputar ke posisi on, namun mesin dalam kondisi mati, sejatinya AC itu tidak bekerja. Adapun komponen yang aktif hanya blower kabin.

“Kan syarat AC nyala, kompresor muter dan muternya pakai putaran mesin, kalau mesin konvensional. Kalau mesin mobil mati yang muter hanya kipas atau blower kabin. Sedangkan kompresor AC gak muter, makanya udara yang berembus gak dingin,” kata Suparna, kepada detikOto, Senin (7/9/2020).

Suparna menambahkan, sejauh hal itu tidak dilakukan berlebihan dan tidak menjadi kebiasaan, maka tidak berdampak serius ke sistem kelistrikan.

“Kecuali kalau kelamaan menghidupkannya, sedangkan mesin mati. Maka cadangan arus listrik di battery bisa tekor. Sehingga saat mau starter mesin jadi gak kuat,” jelas dia.

Katanya lagi, hal itu terjadi karena battery atau aki digunakan terus, sedangkan pengisian ulang daya listrik tidak terjadi karena mesin kondisi off.

“Kalau hanya sejam saja masih nggak masalah, asal kondisi battery masih prima. Tapi kalau sampai setengah harian atau lebih, aki bisa tekor,” tandasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *