Doa Bersama Lintas Agama Pascaerupsi Gunung Sinabung

  • Whatsapp
Foto Bersama Dalam Doa Bersama yang Digelar Pascaerupsi Gunung Sinabung, Karo, Rabu 9 September 2020.

SmartNews, Karo – Tokoh lintas agama bersama masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung menggelar Doa Bersama pascaerupsi Gunung Sinabung, Rabu (9/9/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk melancarkan pekerjaan yang dilaksanakan semua pihak selama ini, agar lebih baik dan berhasil serta kasih dan kemurahan Tuhan Yang Maha Esa (TYME) tercurah agar erupsi Gunung Sinabung segera selesai.

Bacaan Lainnya

Doa bersama itu turut diikuti Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjend TNI Irwansyah didampingi Komandan Daerah Militer (Danrem) 023/Kawal Samuder (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, dan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Martuani Sormin.

Hadir juga para Pejabat Utama (PJU) Kodam I/BB, PJU Poldasu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karo, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) 1/2 Sibolga, Letkol CPM Hasanuddi Siagian dan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD ) Karo, serta para Toko Adat Karo dan lainnya.

Sebelum pelaksanaan doa bersama, Gubsu Edy Rahmayadi, dalam sambutannya mengimbau kepada semua masyarakat agar secara tulus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME).

“Kita harus jujur, kejadian ini harus kita sikapi dengan bijak karena ini semuanya datang dari Tuhan,” kata Edy.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana dalam sambutannya berharap masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung, diberi kesabaran, ketabahan dan kesehatan.

“Semoga kasih dan kemurahan Tuhan Yang Maha Esa (TYME) tercurah agar erupsi Sinabung segera selesai,” ujar Terkelin.

Tokoh Masyarakat (Tomas), Sungkunan Sembiring, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan rombongan yang telah datang melihat kondisi masyarakat Karo, khususnya korban erupsi Gunung Sinabung.

Sungkunan mengimbau sekaligus mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Karo untuk tetap kuat dalam mengatasi yang terjadi. “Jika masyarakat kuat maka negara juga akan kuat,” ucapnya.

Sebelum doa bersama dan menyampaikan sambutan, Gubsu Edy Rahmayadi terlebih dahulu menyerahkan bantuan berupa Sapi dan sembako secara simbolis kepada masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung.

Selanjutnya kata-kata sambutan dan ceramah yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karo, Ustadz Samadin Tarigan, dan Pendeta (Pdt) Ginting.

Ustadz Samadun dalam inti ceramahnya, meminta kepada semua ummat untuk tetap menjalin huungan komunikasi dua arah, yaitu hubungan dengan Allah dan hubungan sesama manusia.

“Apabila kita mau senang atau bahagia, mari kita gunakan komunikasi dua arah. Jaga kerukunan antar umat beragama,” ujarnya.

Begitu juga juga disampaikan Pdt Ginting dalam inti ceramahnya. Katanya, jika dua orang saja bersepakat berdoa kepada Tuhan, maka apa yang diminta kepada Tuhan akan dikabulkan.

“Jikalau kamu dua orang bersepakat maka percayalah apa yang kita minta pada Tuhan akan dikabulkan, maka terima lah perbedaan sebagai saudara,” ujarnya.

Pangdam 1/BB Mayjend TNI Irawansyah ketika menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Rabu (9/9/2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *