Ikan-ikan Mati Misterius di Danau Toba, Inikah Penyebabnya?

  • Whatsapp
Ilustrasi Danau Toba (FOTO: Pixabay)

SmartNews, Tapanuli – Mendadak mati misterius ikan-ikan yang dipelihara oleh warga di keramba apung di Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut).

Terkait kejadian ini, Pemkab Samosir sudah menurunkan tim dari Dinas Pertanian dan Lingkungan Hidup untuk melakukan penyelidikan serta perkiraan volume.

Bacaan Lainnya

Plt Bupati Samosir, Lasro Marbun menjelaskan, jajaran Pemerintah Daerah sudah diperintahkan untuk mengangkat ikan-ikan yang mati itu terlebih dahulu karena dikhawatirkan akan mencemari air.

“Perintah saya untuk Dinas Pertanian, BPBD, Satpol PP, Camat dan Kades untuk mengangkat ikan yang mati agar tidak berdampak pada lingkungan hidup dan sudah dilaksanakan,” kata Lesro Marbun, Jumat (23/10/2020).

Lasro mengatakan belum mengetahui pasti apa penyebab matinya ikan-ikan itu yang diperkirakan terjadi pada Rabu (21/10/2020).

Kejadian seperti juga pernah terjadi pada 2018. Diperkirakan sekitar 180 ton ikan diperkirakan mati saat itu.

Kemungkinan tercemar pakan ikan

Pada 2015, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK saat itu, Karliansyah, mengungkapkan bahwa pernah ada pengecekan kondisi Danau Toba yang mereka pada 2014.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa danau yang jadi objek wisata itu tercemar pakan ikan.

“Jadi di Danau Toba banyak keramba apung dari perusahaan dan masyarakat adat. Dari keramba tersebut banyak pakan ikan yang terendapkan,” kata Karliansyah saat berbincang, Sabtu malam (6/6/2015).

Pakan ikan itu memiliki berbagai kandungan organik, mulai nitrogen hingga fosfor. Pengendapan itu mengakibatkan sinar matahari sulit menembus permukaan danau. Hal itu disebut membuat ikan-ikan mati.

“Limbah organik tinggi itu butuh oksigen untuk mengurai. Tanpa oksigen, ikan-ikan di sana mati,” bilangnya. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *