Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Muchtar Pakpahan. (FOTO: dok_istimewa)

SNT – Salah satu tokoh buruh yang juga pendiri Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, Muchtar Pakpahan meninggal dunia.

Kabar duka itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Migran Care Wahyu Susilo lewat akun Twitter-nya @wahyususilo.

Selamat jalan bang Muchtar Pakpahan. Keberanianmu mendirikan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia saat rejim Orde Baru hanya mengakui SPSI adalah teladan perlawanan,” seperti dikutip, Senin (22/3/2021).

Muchtar Pakpahan sendiri lahir di Bah Jambi II, Simalungun, Sumatra Utara (Sumut), 21 Desember 1953. Ia adalah tokoh buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia.

Baca Juga: Suami Lumpuh, Istri Disabilitas Berjuang Nafkahi Keluarga sebagai Buruh Cuci

Ia juga merupakan pendiri sekaligus mantan Ketua Umum DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia yang menjadi organisasi buruh independen pertama di Indonesia.

Muchtar Pakpahan mulai aktif memperjuangkan nasib kaum buruh sejak era Orde Baru. Pria kelahiran Bah Jambi 2 Tanah Jawa, Simalungun, Sumatra Utara ini memulai kariernya sebagai pengacara pada 1978 dan menjadi advokat pada 1986.

Saat itu, Muchtar bahkan konsultasi hukum gratis bagi rakyat kecil. Berkat kegigihannya membela kaum buruh, Muchtar Pakpahan meraih berbagai penghargaan hak asasi manusia internasional.

Baca Juga: Undercover Buy, Polisi Tangkap Buruh Bangunan di Jalan Ketapang Sibolga

Ia juga pernah menjadi anggota Governing Body ILO mewakili Asia dan Vice President World Confederation of Labor (ILO).

Pria yang telah memperoleh berbagai penghargaan hak asasi manusia internasional itu juga semasa hidupnya aktif sebagai pengacara di firma hukumnya, Muchtar Pakpahan Associates. Dia juga mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI). (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *