Tak Kuat Lagi Berjalan, Impian Ibu Ini Untuk Berziarah ke Makam Syekh Mahmud Tercapai

  • Whatsapp
FOTO: Dok_Istimewa.

SNT, Tapteng – Bagi pengunjung yang ingin berziarah ke makam Syekh Mahmud yang berada di puncak papan Tinggi Desa Pananggahan, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut), memang harus benar-benar mempersiapkan fisik kuat serta niat berziarah tulus dan ikhlas.

Untuk sampai ke puncak, para pengunjung harus melalui tantangan menaiki sekitar 800 lebih anak tangga dengan perbukitan terjal dan curam.

Bacaan Lainnya

Makam ini paling ramai dikunjungi wisatawan untuk berziarah ke pusara makam yang berada pada ketinggian 120 meter dpl.

Namun berbeda dengan seorang ibu yang satu ini, ia datang dari luar daerah untuk berziarah ke makam Syekh Mahmud, baru-baru ini.

Baca Juga: Siap-siap, Polres Sibolga Akan Razia Motor Berknalpot Blong

Si ibu dengan kondisi tak kuat lagi berjalan akhirnya dibantu ditandu ke puncak lokasi makam, baru-baru ini.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Makam Papan Tinggi, Bilfirid Limbong.

Dia mengatakan, melihat kondisi si ibu yang tak lagi untuk berjalan, padahal memiliki niat yang bulat untuk berziarah, pihaknya pun langsung memberikan bantuan.

Baca Juga: Penampilan Anggi Bikin Ari Lasso Merinding, Tapi Ogah Dipanggil ‘Om’, Kenapa?

“Bagi mereka (pengunjung) yang sudah berusia lanjut, dan kondisi fisiknya tak kuat lagi untuk mendaki, tetapi niatnya sudah bulat untuk ziarah ke puncak makam, tidak usah berkecil hati kita akan fasilitasi dan siap membantu,” ungkap Bilfirid Limbong kepada wartawan kemarin.

Limbong mengungkapkan, pihaknya anggot Pokdarwis Makam Papan Tinggi selalu siap membantu pengunjung yang tak kuat mendaki anak tangga, bagi mereka yang memang niatnya bulat untuk berziarah.“Kita akan bantu,” jelasnya.

Saat itu lanjutnya, setelah dilakukan musyawarah dengan pihak keluarga, ibu tersebut dibantu sebanyak 8 orang anggota Pokdarwis dengan peralatan yang sudah dipersiapkan.

Kemudian secara bergantian membantu membahu membawa pengunjung tersebut hingga sampai ke puncak bukit Papan Tinggi kemudian dibantu lagi membawa turun ke bawah.

Baca Juga: Wali Kota Sibolga Kesal, Bongkar Meja Belajar yang Rusak

Kota Barus merupakan salah satu objek wisata sejarah religi makam Auliya pembawa agama Islam ke Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut.

Salah satunya adalah situs pemakaman Syekh Mahmud yang berada di puncak Papan Tinggi Desa Pananggahan Kecamatan Barus Utara ini. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *