Makhluk Misterius Bikin Gempar Warga Sumbar, Begini Wujudnya

makhluk

SNT – Makhluk misterius yang bikin heboh sejumlah daerah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), akhirnya terungkap.

Sosok yang terlihat tersebut dipastikan setelah Balai konservasi dan Sumbar Daya Alam (BKSDA) Agam melihat hasil pemantauan kamera perangkap (camera trap).

Bacaan Lainnya

“Baru saja kita membuka dan membongkar rekaman camera trap yang sebelumnya dipasang. Jadi sudah dipastikan bahwa makhluk yang membuat heboh itu adalah satwa beruang madu,” kata Kepala BKSDA Agam, Ade Putra, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Aset Miliaran Rupiah Eks Bangunan Pasar Sibolga Nauli ke Mana?

Ade mengatakan, hewan bernama latin Helarctos mayalanus itu terekam melintas di Jorong Pasa Palembayan, Nagari Ampek Koto.

Jorong Pasa Palembayan merupakan satu dari tiga lokasi pemasangan camera trap. Dua lainnya dipasang di daerah Lakuak Jorong Palembayan Tangah.

Baca Juga: 6 Ciri Wanita Ahlinya Selingkuh, Nomor 3 Paling Biasa

“Berdasarkan hasil rekaman berupa video dan foto, satwa (itu) adalah berupa beruang madu,” sebut Ade.

Sebelumnya, sejumlah warga mengaku melihat makhluk misterius melintas di kawasan permukiman warga.

Kemunculan makhluk misterius itu langsung membuat resah. Wali Jorong Palembayan Tangah, Khairul Amri mengatakan, keresahan terjadi di daerah Lakuak, Balai Kamih, Kampung Lurah, dan Gantiang.

Dikatakan Khairul, warga resah setelah salah seorang warga bernama Darwis melihat makhluk itu. Berdasarkan keterangan Darwis, makhluk misterius itu berwarna hitam dan berbau busuk.

“Darwis melihat makhluk itu berwarna hitam dan berbau busuk saat pulang dari warung,” kata dia.

Baca Juga: Cantik Memesona, Maria Vania Ngaku Pernah Ditawar Jadi Istri ke-2

Ada pula warga yang mengaku telah dua kali melihat makhluk misterius itu. Warga bernama Syofian menyebut makhluk berukuran tinggi sekitar 1,65 meter dan cepat menghilang dalam gelap. Ada pula warga yang menyebut tidak ada jari pada jejak kaki makhluk itu.

Menyikapi hal itu, BKSDA menyiapkan perangkap untuk mengevakuasi makhluk misterius yang membuat heboh warga di Kabupaten Agam, Sumbar.

Langkah ini disiapkan setelah diketahui makhluk misterius tersebut ialah seekor beruang madu.

“Segera kita pasang perangkapnya, karena kita sudah tahu identitas makhluk tersebut,” sambung Ade Putra.

Baca Juga: Pria Ini Paksa Istri Minum Air Kencing

Pada Selasa sore, BKSDA membongkar camera trap yang dipasang sebelumnya. Dalam rekaman berisi video dan foto terlihat jenis makhluk tersebut. “Selanjutnya kita akan melakukan upaya evakuasi satwa beruang madu ini dengan menggunakan perangkap yang akan kita pasang dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Beruang madu (Helarctos malayanus) termasuk familia ursidae dan merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang madu telah dikategorikan sebagai binatang yang mudah di serang dan terancam kelangsungan hidupnya.

Beruang ini telah terdaftar dalam Appendix I of the Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) sejak tahun 1979 yang menyatakan bahwa mereka tidak boleh diburu oleh siapapun. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *