Jubir Tegaskan Jokowi Tolak Wacana 3 Periode

dd
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: dok_istimewa)

SNT, Jakarta – Muncul wacana relawan yang mendukung Jokowi-Prabowo Subianto atau JokPro 2024. Menganai hal tersebut, Jubir Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, Jokowi setia terhadap amanat konstitusi.

“Mengingatkan kembali, Presiden Joko Widodo tegak lurus konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap reformasi 1998,” demikian kata Fadjroel, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga: Maria Vania Menggoda Pakai Bra Army Bikin Netizen Tak Ngantuk

Berdasarkan Pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 berbunyi “Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan”.

Dia menegaskan Jokowi menolak wacana presiden tiga periode beberapa kali. “Penegasan Presiden Jokowi menolak wacana presiden tiga periode, yang pertama pada (12/2/2019), “Ada yang omong presiden dipilih tiga periode itu, ada tiga (motif) menurut saya. Satu, ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka. Yang ketiga, ingin menjerumuskan. Itu saja,” demikian kata Jokowi seperti disampaikan Fadjroel.

Baca Juga: Seorang Wartawan di Sumut Diduga Tewas Ditembak OTK

Kemudian Jokowi, kata Fadjroel, juga pernah menyampaikan tidak berniat menjadi presiden selama tiga periode.

“Yang kedua, pada 15/3/2021, ‘Saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanahkan dua periode, itu yang harus kita jaga bersama. Janganlah membuat gaduh baru, kita sekarang fokus pada penanganan pandemi,” kata Jokowi seperti disampaikan Fadjroel.

Baca Juga: Pangdam I/BB Minta Para Danrem Cari Solusi Tekan Angka COVID-19

Relawan JokPro 2024 sebelumnya direncanakan akan membentuk sekretariat, pada Sabtu (19/6) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

M Qodari, pelantang gagasan Jokowi tiga periode, mengatakan organisasi itu merupakan wadah dari beberapa pihak yang menyambut baik gagasan tersebut. Diketahui, gagasan itu juga sempat dilontarkan Qodari pada Februari-Maret lalu.

Baca Juga: Ephorus dan Pendeta Perbaiki Jalan Rusak

“Organisasi ini merupakan wadah dari berbagai pihak yang menyambut ide dan gagasan yang saya lontarkan di beberapa media, pada Februari-Maret 2021,” kata Qodari, kepada wartawan, Jumat (18/6). (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *