3 Inspirasi Judul Skripsi Tentang Wakaf Uang

  • Whatsapp
Ilustrasi Menyusun Skripsi (Akasiatree.blogspot.com)
Ilustrasi Menyusun Skripsi (Akasiatree.blogspot.com)

SNT – Saat ini, skripsi tentang wakaf uang banyak berlalu lalang di internet. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap wakaf uang semakin besar, terutama bagi mereka yang memang menuntut ilmu pada perguruan tinggi Islam.

Meski cukup sering ditemui, faktanya masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyusun judul skripsi terkait wakaf uang. Oleh karena itu, beberapa referensi judul skripsi dengan tema wakaf uang ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Berikut merupakan beberapa inspirasi judul skripsi mengenai wakaf uang yang bisa Anda gunakan sebagai acuan.

1. Skripsi Karya Diah Ayu Fatmala dari IAIN Metro

Skripsi dengan judul Efektivitas Proporsi Penyaluran Wakaf Uang Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus KSPPS BMT Assyafi’iyah Kota Gajah), mengangkat wakaf uang sebagai tema besarnya.

Skripsi ini berisikan gagasan wakaf tunai yang digulirkan oleh tokoh ekonomi terkemuka asal Bangladesh bernama Prof. M.A Mannan. Ia menyebutkan kehadiran wakaf uang dalam jangkauan yang lebih luas bisa memberikan manfaat yang lebih besar, terutama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang ekonomi.

Tujuan utama dilakukannya kajian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar proporsi penyaluran wakaf uang terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat supaya lebih efektif.

Penelitian ini mensyaratkan peneliti untuk terlibat langsung ke lapangan demi memperoleh data yang lebih akurat.

2. Skripsi Karya Siti Fatimah dari STAIN Jurai Siwo Metro

Skripsi tentang wakaf uang ini berfokus pada pengimplementasian wakaf uang berdasarkan Undang-Undang. Oleh karena itu, penulis mengambil judul Implementasi Wakaf Uang Berdasarkan Undang-Undang No 41 Tahun 2004 (Studi di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang (KC) Metro).

Berdasarkan studi lapangan yang digarap Siti Fatimah, wakaf adalah pranata keagamaan Islam yang sudah cukup mapan. Sebab, wakaf termasuk dalam salah satu harta dalam potensi umat jika dikelola dengan baik dan dikembangkan secara produktif.

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi wakaf uang menurut Undang-Undang berlaku secara mendalam.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengangkat tema serupa, Anda dapat menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya.

3. Skripsi Karya Ayub Dwijokangko dari IAIN Tulungagung

Berjudul Manajemen Fundraising Wakaf Uang Pada Yatim Mandiri Tulungagung, skripsi garapan Ayub Dwijokangko dilatarbelakangi oleh suatu fenomena yang berkaitan dengan lembaga pengelola infaq, zakat, sedekah, dan juga wakaf yang memiliki aktivitas fundraising, alias penghimpunan khusus wakaf uang.

Penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan rumusan masalah sebagai berikut:

a.Bagaimana manajemen fundraising untuk wakaf uang dari Yatim Mandiri Tulungagung (objek yang dipilih oleh penulis)?

b.Kendala apa saja yang dialami dalam manajemen fundraising wakaf uang dari Yatim Mandiri Tulungagung?

c.Solusi seperti apa yang bisa mengatasi kendala tersebut?

Setelah data-data yang dikumpulkan melalui beberapa teknik sebagaimana disebut berhasil terkumpul, penulis kemudian mengkategorikannya ke dalam beberapa sub bidang.

Dalam hal ini, penulis turut mencantumkan korelasi antar sub melalui analisis dalam kasus Yatim Mandiri Tulungagung untuk menyusun konsep dan abstraksi temuannya.

Trik Ampuh Menentukan Judul Skripsi yang Baik dan Benar

Untuk dapat menentukan judul skripsi yang baik dan benar, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Pastikan tema besar yang Anda angkat sesuai dengan bidang yang diminati.
2. Carilah skripsi buatan senior atau jurnal pendukung yang berkaitan dengan minat Anda.
3. Periksa kembali situs-situs ilmiah terpercaya di internet.
4. Pertimbangkan dana yang dimiliki, pemilihan lokasi, serta bidik proyek dosen.
5. Periksa juga kondisi masa kini yang relevan dengan minat Anda.

Demikian bahan literasi zakat wakaf untuk keperluan skripsi tentang wakaf uang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Ke depannya, diharapkan makin banyak literasi zakat wakaf yang tersedia agar mahasiswa dan mahasiswi bisa lebih mudah dalam menentukan judul tugas akhir studinya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *