Hasil Survei: Gibran Rakabuming Peringkat Pertama Calon Gubernur Jateng

  • Whatsapp

SNT – Putra Presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka paling banyak dipilih masyarakat Jawa Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal ini berdasarkan hasil survei Charta Politika pada Februari 2022.

Gibran mendapatkan persentase elektabilitas sebesar 28,5 persen untuk Pemilihan Gubernur Jateng. “Dalam simulasi calon Gubernur Jawa Tengah, nama Gibran Rakabuming Raka menduduki peringkat pertama dengan 28,5 persen masyarakat yang memilih namanya,” demikian kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangan pers, Kamis (14/4/2022).

Bacaan Lainnya

Setelah Gibran, ada nama Wakil Gubernur Jawa Tengah saat ini yaitu Taj Yasin Maimoen dengan 11,3 persen. Kemudian, posisi ketiga ada nama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan elektabilitas sebesar 6 persen.

Di posisi empat ada nama mantan Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo (3,7 persen), dan posisi lima diisi oleh Sudirman Said (3,6 persen). Posisi enam ada Achmad Husein (3,4 persen).

Sementara itu, di posisi tujuh ada Rustriningsih (2,2 persen). Posisi delapan yaitu Komjen Condro Kirono (1,7 persen).

Adapun survei dilakukan Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah dilakukan pada tanggal 14-19 Februari 2022. Survei ini dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling jumlah sampel di Provinsi Jawa Tengah sebesar 1090 Responden.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat, dan margin of error lebih kurang 2.97 persen. (Kc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *