Panda Nababan: Jokowi Pemimpin Kuat, Jadi Lemah karena Pembantunya Tak Tulus

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo. (dok/istimewa)

SNT – Senior PDIP Panda Nababan bicara soal kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukup kuat. Namun menurut Panda, kuatnya kepemimpinan Jokowi menjadi lemah, karena para pembantunya.

Hal itu diungkapkan Panda Nababan dalam acara Adu Perspektif yang ditayangkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Rabu (27/4/2022).

Bacaan Lainnya

Panda Nababan bicara kepemimpinan Jokowi kuat dalam konteks pernyataan Menko Mahfud Md yang bicara soal kepemimpinan di 2024.

“Jadi bagaimana kemudian, maksud akal saya, sekarang korupsi di mana-mana, kenapa kita cerita jauh-jauh 2024? Sekarang menurut pemahaman saya, Presiden (Jokowi) itu kuat, menjadi lemah karena pembantu-pembantunya ini. Terus terang saja,” kata Panda Nababan.

Ia juga mempertanyakan apa lagi yang ingin dicari dari Jokowi, padahal keyakinan Panda kepemimpinan Jokowi saat ini sudah cukup kuat.

“Jadi Presiden (Jokowi) itu sebenarnya adalah pemimpin (kuat), mau dicari apa lagi? Sudah pemimpin kuat kok,” kata Panda.

Lantas pembawa acara bertanya ke Panda Nababan, kenapa pembantu Jokowi ini lemah? Panda menyinggung soal ketulusan dan keikhlasan para pembantu Jokowi. “Tidak tulus ikhlas saja,” ujarnya.

Pakar komunikasi politik Effendi Gazali yang hadir dalam acara tersebut pun turut bertanya soal pembantu Jokowi lemah apakah karena ingin menjadi presiden. Panda menjawab di antaranya ada perihal soal tersebut.

“Bukan karena ingin maju jadi presiden?” tanya Effendi. “Antara lain ada juga,” tegas Panda menambahkan. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *