Target IKD Humbahas 35.516 Jiwa

IMG 20230405 WA0006

Foto: Pelayanan adminduk oleh Disdukcapil Humbahas.

DOLOKSANGGUL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Humbahas telah melakukan layanan Sistem Jemput Bola (Sijempol) untuk produk baru aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) meliputi 10 kecamatan guna pemenuhan target kinerja 25% setiap kabupaten/kota se-Indonesia tahun 2023. 

Bacaan Lainnya

Berdasarakan DKB (Data Konsolidasi Bersih) semester II tahun 2023 jumlah penduduk Kabupaten Humbahas yang sudah melakukan perekaman dan memiliki KTP-el (usia 17 tahun keatas) sebanyak 142.061 jiwa, sehingga target cakupan IKD sebanyak 35.516 jiwa.

IKD menjadi salah satu inovasi Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI untuk digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini digunakan oleh penduduk Indonesia ke dalam android berupa foto ataupun QR-Code yang akan mempermudah masyarakat melakukan transaksi pelayanan publik (privat).

Karena hanya melalui telepon genggam dokumen adminduk dalam genggaman berupa KTP-el dan kartu keluarga dapat diakses. Terdapat juga dokumen lain yang secara otomatis dapat diakses yakni kartu BPJS, NPWP, termasuk kartu kepegawaian.

Kadisdukcapil Humbahas Jara Trisepto Lumbantoruan menjelaskan, untuk percepatan capaian target IKD di kabupaten itu telah dilakukan realisasi, seperti jemput bola di lingkungan OPD sejak 24 Oktober 2022 lalu yang diawali dengan aktivasi IKD Sekdakab Tonny Sihombing. Dilanjutkan untuk ASN dan non ASN di lingkungan OPD sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 470/418/Dukcapil/III/2023 tentang Aktivasi IKD bagi seluruh ASN/Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbahas untuk menjadi pelopor teladan di tengah-tengah masyarakat dalam penerapan IKD, sehingga target dimaksud dapat terpenuhi.

Salah satu strategi untuk mencapai target tersebut telah dilakukan Sijempol di tingkat kecamatan dengan sasaran layanan staf kantor camat, puskesmas/polindes, guru, PPK/PPS, TNI, Polri serta siswa/siswi SLTA pada saat perekaman/pencetakan KTP-el pemula di sekolah masing-masing, dan sudah teraktivasi sebanyak 3.576 IKD (10,07%).

IKD sudah dilayani di Kecamatan Lintongnihuta, Paranginan, Baktiraja, Pollung dan Pakkat. Pelayanan yang sama akan dilanjutkan untuk Kecamatan Doloksanggul, Onanganjang, Parlilitan, Tarabintang dan Sijamapolang.

Untuk layanan IKD silahkan hubungi pegawai Disdukcapil Humbahas Naudur Purba. (JS/DS/Mora)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *