Ini Sederet Program Prioritas Pj Bupati Sugeng Untuk Membangun Tapteng

IMG 20240229 WA0010
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta saat membuka Musrenbang Tingkat Kabupaten

PANDAN – Pj Bupati Dr. Sugeng Riyanta SH. MH membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) tahun 2024 di PIA Hotel Pandan, Kamis (29/2/2024).

Musrembang ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapteng, Tahun 2025.

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya, Pj Bupati Sugeng Riyanta menerangkan, Musrenbang merupakan musyawarah dalam rangka melaksanakan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan
Daerah, yang mengamanatkan
pelaksanaannya secara berjenjang mulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Musrenbang Nasional.

IMG 20240229 WA0014
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta memukul gong tanda dibuka Musrenbang.

Kemudian, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja
Pemerintah Daerah.

“Sebagai bagian dari tahapan perencanaan, bahwa Musrenbang RKPD tahun 2025 Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan forum yang sangat strategis karena melibatkan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk menyusun dan mematangkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2025 yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, dan rencana kerja tahun 2025,” kata Sugeng Riyanta.

IMG 20240229 WA0012

“Penyusunan RKPD ini berpedoman pada Peraturan Bupati Tapanuli Tengah Nomor 14 Tahun 2022 tentang rencana pembangunan daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2023-2026, RKPD Provinsi, RKP, dan Program Strategis Nasional,” sambungnya.

Selanjutnya, Pj Bupati menyampaikan bahwa tema rancangan RKPD tahun 2025 adalah percepatan pembangunan perekonomian daerah yang mandiri dan berkelanjutan serta pembangunan sumber daya manusia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang dilaksanakan melalui 5 (lima) prioritas pembangunan.

Kelima prioritas pembangunan dimaksud adalah pengembangan sektor andalan bidang pertanian, perikanan-kelautan, dan pariwisata.

Selanjutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana ekonomi. Peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat. Peningkatan reformasi birokrasi dan tata kelola Pemerintahan Daerah.

Pemerintah Kabupaten
Tapteng dengan dukungan Forkopimda dan seluruh masyarakat, juga telah menghasilkan beberapa capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Berikut beberapa capaian makro Pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah:

1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2023 meningkat dari 70,31 menjadi 72,77.

2. Pertumbuhan Ekonomi tahun 2022 mencapai angka 4,18% meningkat pada tahun sebelumnya sebesar 2,56%.

3.Tingkat kemiskinan mencapai tren positif pada tahun 2023 dengan angka 11,50%, menurun pada tahun sebelumnya sebesar 11,71%.

4. Indeks gini ratio pada tahun 2023 sebesar 0,241 dengan kategori rendah.

5. Tingkat pengangguran terbuka mencapai tren positif pada tahun 2023 dari 7,90% menjadi 7.81%.

6. PDRB per kapita juga menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini
dapat dilihat dari PDRB per kapita pada tahun 2022 mencapai 31,05 juta rupiah per kapita sedangkan pada tahun 2021 sebesar 28,75 juta rupiah per kapita.

Untuk itu, Pj Bupati Sugeng Riyanta melalui forum Musrenbang RKPD ini diharapkan semua pihak dapat memberikan masukan
yang konstruktif demi penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2025 Kabupaten Tapanuli Tengah yang memuat prioritas pembangunan daerah, yang dijabarkan dalam program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdasarkan sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten Tapanuli Tengah, APBD Provinsi, APBN, dan sumber pembiayaan lainnya.

Lebih lanjut Sugeng Riyanta mengharapkan agar Musrenbang RKPD ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar menghasilkan suatu kesepakatan dan rumusan
prioritas program pembangunan yang mencerminkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tapteng.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 Kabupaten Tapanuli
tengah, secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa membimbing
dan meridhoi setiap upaya dan langkah kita dalam membangun Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita cintai ini,” harap Pj Bupati Tapteng.

Selanjutnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatra Utara (Provsu), Sri Suriani Purnamawati menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini terutama kepada Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta.

“Selamat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapteng Tahun 2025 dan menghasilkan pembangunan yang berkualitas untuk melahirkan kemajuan kemakmuran bagi masyarakat,” kata  Sri Suriani Purnamawati.

Turut hadir mewakili Danrem 023/KS, Forkopimda Tapteng, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Tapteng, Ny. Ade Sugeng Riyanta, mewakili Wali Kota Sibolga, Pimpinan dan Anggota DPRD Tapteng, Sekdakab Tapteng, Staf Ahli dan Asisten, OPD Pemprovsu selaku Narasumber, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, instansi vertikal yang memiliki wilayah kerja dengan Kabupaten Tapteng, para Camat se- Tapteng, jajaran Tim Penggerak (TP) PKK Tapteng, BUMN/BUMD, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Keagamaan, LSM, Organisasi Profesi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, para Akademisi di Tapteng, dan undangan lainnya. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *