oleh

Satgas TMMD Ke 101 Kodim 0205/TK Bersama Warga Pasang Bronjong

Karo – Anggota Satgas TMMD Ke 101 Kodim 0205/TK bersama masyarakat memasang bronjong dipinggir jalan sepanjang 80 meter di Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Jumat, (13/4/2018).

Kwalitas bronjong yang dipasang juga dipastikan kokoh.

“Kawat bronjong dibuat untuk mencegah erosi, abrasi, dan longsor, terutama untuk bangunan yang dekat dengan sungai, pantai, dan tebing yang rawan longsor. Pemasangan kawat bronjong sangat dianjurkan. Bentuk lubang dari kawat bronjong ada 2 macam, yaitu berbentuk segi enam dan kotak. Pembuatannya disesuaikan dengan berpedoman pada rumus perhitungan,” ujar Kapenrem 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (13/4) malam.

Ojak Simarmata memaparkan, setelah kawat bronjong selesai di anyam, batu-batunya dimasukan satu persatu.

“Penyusunan batu juga harus rapi, jangan sampai ada celah tersisa, sehingga akan menimbulkan kelonggaran dan membuat kawat bronjong tidak kuat dan kokoh,” ungkap Kapenrem.

Sementara itu, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE langsung memimpin kegiatan pemasangan bronjong tersebut.

“Pemasangan bronjong ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas Kodim 0205/TK dalam memberikan rasa aman di jalan raya apabila musim hujan kepada warga dari ancaman pergeseran tanah yang mengakibatkan terjadinya longsor,” ujar Taufik Rizal.

Pemasangan bronjong ini diapresiasi oleh Kepala Desa Serdang, Bastanta Barus.

“Terima kasih kepada satgas TMMD ke 101, Kodim 0205/TK yang telah ikut membantu masyarakat memasang bronjong. Kegiatan pemasangan bronjong ini setidaknya telah meringankan beban masyarakat Desa Serdang dan Desa Pertumbuken,” ungkap Bastanta.

Pendapat lain datang dari seorang petani Imanuel Barus (44) warga desa serdang yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Bronjong ini sangat bermanfaat dan akan bisa menahan tanah longsor, sehingga daya tahan jalan akan kuat,” ungkapnya. (ril/ren/penrem 023)

Komentar