oleh

Menyongsong Pemilu, KPU Sibolga Gelar Seni Budaya

Sibolga – Menyongsong pemilu serentak, baik Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Sibolga melaksanakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya, Sabtu, (21/4/2018) malam, yang digelar di halaman Kantor KPU, Jalan S.Parman Sibolga.

Pagelaran Seni yang bertajuk “Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Mensuskseskan Pemilu Serentak 2019,” tersebut menampilkan Tari-tarian dari tujuh Budaya Adat, diantaranya, Tarian Persembahan Pesisir Sibolga, Tari Maena, Tortor Kreasi Umun, Sigale-gale, Onang-onang, Tari Melayu, Tari Minang Kreasi, dan Drama Musikal.

Ketua KPU, Nadzran, SE dalam sambutannya mengatakan, Pagelaran ini merupakan acara KPU secara Nasional, baik KPU Pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota.

“Tujuan acara ini menyongsong pemilu serentak, baik Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019. Selain itu tahapan pemilu juga dapat lebih dekat diperkenalkan kepada masyarakat, yang mana harapannya bisa mempengaruhi masyarakat dalam berpartisipasi di Pemilu mendatang,” ujar Nadzran.

Nadzran menyebut, untuk Kota Sibolga sudah ditetapkan menjadi dua Daerah Pemilihan, yaitu Dapil I meliputi Kecamatan Sibolga Utara dan Kecamatan Sibolga Kota, dengan jumlah Kursi Legislatif sebanyak 8 kursi. Untuk Dapil II meliputi wilayah Kecamatan Sibolga Sambas dan Kecamatan Sibolga Selatan, dengan jumlah 12 Kursi.

“Jadi untuk Dapil I masing-masing partai boleh mendaftarkan Calonnya sebanyak 8 orang sesuai dengan jumlah kursi yang akan diperebutkan, begitu juga untuk Dapil II,” beber Nadzran.

Masih kata Nadzran, Partai Politik (parpol) yang akan ikut pada pemilu mendatang ada 16 Parpol.

“Pada 19 April kemarin, KPU Sibolga sudah menetapkan jumlah pemilih, sesuai dengan data jumlah peserta di Kota Sibolga ada sebanyak 60.681 pemilih,” ungkapnya.

Lanjutnya, kepada masing-masing Parpol yang ingin mendaftarkan anggotanya pada pemilihan Legislatif mendatang sudah bisa melakukan persiapan.

“Pendaftaran akan dimulai pada bulan Juni, dan penetapan calon legislative (caleg) akan dilakukan satu bulan berikutnya yaitu pada bulan Juli. Maka para pengurus partai jangan sampai lupa,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pentingnya pemilu dan demokrasi, yang mana tujuannya memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menggunakan hal politiknya. Terjaminnya pergantian kepemimpinan secara reguler dan damai, meningkatnya kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, mempertahankan kedaulatan rakyat dan tetap tegaknya Negara.

“Menyudahi sambutan saya ini saya ucapkan “Sagoni Badar, Sagoni Macco, Songoni Mada, Songoni Majo,” tandasnya.

Masih diacara yang sama, menambahkan keterangan Ketua KPU, Wali Kota Sibolga, Drs HM.Syarfi Hutauruk, MM, mengatakan, acara yang diselenggarakan ini termasuk sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Sosialiasi pemilihan umum legislatif, pemilhan Gubernur. Jadi KPU dalam hal ini bukan hanya pelaksana pemilu saja, tapi juga sebagai pelaku sosialisasi kepada masyatakat, sehingga partisipasi masyarakat dalam menghadapi pemilu semakin meningkat. Ini tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab satu pihak saja, baik itu seniman, pengusaha, pejabat dan komponen masyarakat lainnya,” ucap Syarfi.

Menurut Syarfi, pagelaran seni budaya ini selain pengenalan budaya kepada masarakat secara luas juga sebagai ajang untuk menggali kreatifitas dan bakat.

“Saya pesan kan, gelombang modernisasi jangan dianggap remeh, tapi mari kita selaraskan dengan budaya kita, sehingga terwujud peningkatan budaya dan kreativitas. Kaitan seni budaya dengan pemilu, kita dianggap mampu dalam menghadapi pemilu harus memiliki seni, sehingga tidak ada ketegangan, kecurigaan. Sebab siapa pun nantinya yang akan terpilih tentunya tujuannya untuk kemajuan bangsa, Provinsi Sumatera Utara dan Kota Sibolga kita ini nantinya. Maka dari itu bisa kita ketahui apa yang akan dilakukan setelah terpilih menjadi Presiden, Gubernur, DPRD, apa yang menjadi janji-janji politik nya,” jelas Syarfi.

Acara pagelaran tersebut selain dihadiri para pengurus Partai Politik Kota Sibolga, juga dihadiri Pengurus LPM se Kota Sibolga, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Organisasi Pemuda se Kota Sibolga, dan elemen Masyarakat lainnya. (Ferry Sitohang/SNT).

Komentar