Jelang Puasa, Harga Bawang Putih di Pasar Sibolga Nauli Turun

bumbu dapur
Pedagang di Pasar Sibolga Nauli. FOTO: Dok_snt.

Sibolga – Menjelang Ramadhan 1439 H, harga-harga komoditas pangan yang dijual pedagang di pasar tradisional di Kota Sibolga masih normal, terutama pada kelompok bumbu dapur.

Beberapa komoditas malah mengalami penurunan harga seperti, bawang putih dan cabai rawit. Bawang putih harganya turun menjadi Rp20.000/kg dari Rp30.000/kg, dan cabai rawit menjadi Rp25.000/kg dari Rp28.000/kg.

Bacaan Lainnya

“Dua pekan yang lalu, bawang putih masih dijual seharga Rp30.000/kg, tapi sekarang turun menjadi Rp20.000/kg,” ujar R br Nainggolan, pedagang sayur dan bumbu di Pasar Sibolga Nauli, Selasa, 8 Mei 2018.

Menurutnya, biasanya menjelang bulan puasa, harga-harga bahan pangan ini cenderung mengalami kenaikan. Tetapi kondisinya sekarang berbeda, harga tetap normal dan beberapa di antaranya mengalami penurunan.

“Sampai sekarang harga-harga masih normal, seperti cabai merah, bawang merah, tomat dan lainnya, malah ada yang turun harganya yaitu, bawang putih dan cabai rawit,” sebutnya lagi.

Cabai merah harganya Rp29.000/kg, cabai merah giling Rp35.000/kg, tomat Rp6.000/kg, bawang merah Rp33.000/kg, dan bawang merah jawa juga Rp33.000/kg.

Dia menambahkan, harga normal komoditas pertanian ini didukung ketersediaan pasokan barang dari daerah sentra produksi.

“Pasokan dari Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Utara melimpah sejak beberapa hari terakhir,” ucapnya. (Dod_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *