Renang Militer Syarat Mutlak Usul Kenaikan Pangkat Bagi Prajurit

WhatsApp Image 2018 05 08 at 1.54.26 PM1
Prajurit TNI AD dari Korem 023/KS Saat Mengikuti Renang Militer di Kolam Renang Matauli Pandan. FOTO: Dok_snt.

Sibolga – Bukan hanya lari (Samapta), Renang Militer juga menjadi salah satu syarat pengusulan kenaikan pangkat (UKP) bagi prajurit TNI.

“Agar dapat diajukan dalam UKP diharapkan setiap prajurit harus lulus lari 3.200 meter (Samapta A) sesuai kategori umur, Samapta B terdiri Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run secepat-cepatnya,” ujar Kapenrem 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata, Rabu, 9 Mei 2018.

Bacaan Lainnya

Ojak Simarmata menjelaskan, renang militer merupakan persyaratan mutlak untuk UKP.

“Karena berenang merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang prajurit, karena dengan kemampuan renang yang baik, prajurit tidak akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas yang berhubungan dengan air. Misalnya seperti ada penyebrangan sungai, latihan pendaratan laut dan latihan air serta lainnya,” ungkap Ojak.

Kapenrem 023/KS menerangkan, sejak tanggal 8 Mei 2018, sebanyak 268 orang prajurit TNI AD, mulai dari Bintara dan Tamtama akan diusulkan UKP untuk periode 10 Oktober 2018 dari Makorem 023/KS dan jajaran Kodim-Kodim.

“Setelah melaksanakan tes samapta dilapangan Makorem 022/KS , dilanjutkan dengan tes renang militer dasar dengan jarak 50 meter di kolam renang SMA Matauli Pandan, Tapteng,” jelasnya.

WhatsApp Image 2018 05 08 at 1.54.21 PM

Sambungnya lagi, sebelum dilakukan tes renang militer oleh prajurit, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Detasemen Kesehatan Wilayah 01.04.02 Sibolga.

“Pengecekan kesehatan dimulai dari tekanan darah dan denyut nadi yang diawasi langsung oleh Tim Asistensi dan Pengawasan Tim Garjas, Postur dan Renang Militer Dasar dari Mabesad, Letkol CAJ (K) Hesty Supriyanti dari Mabesad, didampingi oleh Kasrem 023/KS, Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa,” tandasnya.

Sementara itu, Kajasrem 023/KS, Kapten Inf H. Sirait selaku yang memimpin kegiatan ini, menjelaskan, setelah melaksanakan Samapta A dan B, kemudian dilanjutkan tes ketangkasan renang militer di kolam renang SMA Matauli Pandan. Kesamaptaan ini sangat mutlak diperlukan untuk mengetahui kemampuan jasmani para prajurit guna memenuhi persyaratan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya,” ujar Kajasrem 023/KS, Kapten Inf H. Sirait.

”Bagi prajurit agar dapat lulus dengan baik, sebelumnya sudah latihan sesuai kemampuan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Saat ini tinggal tes bukan latihan, langsung penilaian sesuai kategori kelompok umur, kalau lulus dapat diajukan dalam UKP. Perjuangkan hasil yang terbaik dari diri sendiri karena renang militer juga merupakan persyaratan mutlak untuk UKP,” tandas Kajasrem 023/KS disela-sela kegiatan berlangsung di kolam renang Matauli pandan. (ril_penrem 023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *