oleh

Wali Kota Sibolga Pantau Harga Bahan Kebutuhan Pokok

Sibolga – Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk meninjau sejumlah pasar tradisional di Kota Sibolga, Senin (4/6) siang. Peninjauan dilakukan untuk memantau harga bahan kebutuhan pokok, sebab ada kecenderungan harga merangkak naik jelang hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Selain itu peninjauan juga dilakukan dalam rangka memastikan stok dan distribusi bahan kebutuhan pokok cukup.

Adapun tiga pasar yang ditinjau oleh Wali Kota yang didampingi oleh Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja dan Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga Suti Masniari Nasution dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) adalah Pasar Inpres Aekhabil, Pasar Sibolga Nauli dan Kota Beringin.

“Dari hasil peninjauan bahwa stok kebutuhan bahan pokok untuk semua pedagang sangat cukup. Selain itu, Bulog juga telah berjanji akan melakukan operasi pasar jika terjadi kelangkaan pasokan beras dan bahan kebutuhan pokok lainnya,” ujar Syarfi kepada wartawan.

Syarfi juga menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok jelang lebaran. Begitupun, masyarakat dihimbau agar belanja secukupnya.

“Jangan takut menghadapi lebaran, bahan kebutuhan pokok pasti ada. Bahannya kami jamin pasti ada,” jelas Syarfi.

Dia juga menyebut bahwa harga cabai yang mempengaruhi terjadinya Inflasi di Kota Sibolga, harganya normal.

“Harga cabai Rp18 ribu, paling-paling tadi ada satu dua tempat pedagang yang menjual cabai Rp20 ribu perkilo. Kemudian bawang merah, semua rata-rata harganya antara Rp28 ribu dan Rp30 ribu,” lanjutnya.

Begitupun, Wali Kota Sibolga dua periode itu minta kepada pedagang untuk tidak menaikkan harga bahan kebutuhan pokok jelang lebaran.

“Kepada para pedagang tidak usah menaikkan harga-harga barang jelang lebaran dengan alasan kurangnya ketersediaan. Kami jamin barang ada, mau berapa banyak. Kalau cabai mengalami kelangkaan akan kita drop dari Tarutung dan Balige kesini. Akan kami jemput sendiri kemudian dilakukan operasi pasar,” ungkapnya. (dody_snt)

Komentar