Makan Ini Dua Kali Seminggu Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung

ilustrasi 11
Ilustrasi Sakit Jantung. Photo Source: istimewa/int.

Smart News Tapanuli – Jantung merupakan organ yang bertanggung jawab untuk menyaring karbondioksida dari darah dan memasok darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Diketahui, serangan jantung adalah suatu kondisi di mana jantung tiba-tiba berhenti memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh, karena beberapa penyebab seperti penyakit jantung, pembekuan darah, tingkat stres yang tinggi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan lain-lain.

Disaat jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh, itu bisa mengakibatkan ketidaksadaran, stroke, bahkan kematian. Jadi, serangan jantung merupakan kondisi yang sangat berbahaya yang dapat merenggut nyawa orang dalam hitungan menit.

Dari data statistik menunjukkan, di India ada sekitar 1 juta orang yang mengalami serangan jantung setiap tahun. Tetapi jangan khawatir, melakukan beberapa perubahan gaya hidup menjadi lebih positif seperti diet sehat, olahraga teratur, mengurangi stres, dan lain-lain dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Tahukah Anda, dengan mengonsumsi ikan dua kali seminggu juga dapat mengurangi risiko serangan jantung pada manusia? Ya, para ahli baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung pada orang-orang sampai batas yang signifikan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menambahkan ikan ke dalam menu harian Anda, setidaknya dua kali seminggu, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung.

Ikan kaya asam lemak omega-3 dan vitamin E. Nutrisi ini memiliki kemampuan untuk mencegah pembentukan bekuan darah di arteri untuk memungkinkan aliran darah yang sehat ke jantung.

Selain itu, asam lemak omega-3 dalam ikan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi, sehingga dapat menjaga jantung Anda tetap sehat.

Namun jika Anda mengonsumsi ikan namun tetap menjalani gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tidak sehat, tidak berolahraga, merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, dan lain-lain, mungkin ikan tidak banyak membantu dalam mengurangi risiko serangan jantung.

Selain mengonsumsi ikan yang dimasak dengan bahan rendah lemak dua kali seminggu, berpegang pada gaya hidup sehat juga penting. Jika Anda seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi ikan, kapsul minyak ikan dapat menjadi alternatif, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

sumber: tergemes/viva

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *