oleh

Mobil Zaman Now Tak Perlu Pemanasan Sebelum Jalan

Smart News Tapanuli – Mobil zaman sekarang tentu dibekali teknologi lebih canggih ketimbang mobil-mobil terdahulu. Terlebih mesinnya sudah bekerja berdasarkan sensor.

Sebut saja pada sistem pengabutan bahan bakar yang sudah injeksi, di mana ECU (engine control unit) mengatur seberapa banyak bensin keluar.

Ada satu hal lagi yang patut jadi perhatian, yakni mobil-mobil sekarang tak perlu melewati proses pemanasan mesin sebelum dijalankan.

Semua tentu berkat teknologi yang ditanamkan. Lantas, kenapa bisa demikian?

Melansir VIVA, Selasa, 10 Juli 2018, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menjelaskan, mobil-mobil sekarang tak perlu dipanasi sebelum jalan berkat penggunaan sistem valve adjuster.

Berkat perangkat tersebut, oli tetap berada di bagian mesin paling atas sebelum ruang bakar.

“Mobil zaman now tidak perlu dipanaskan seperti mobil-mobil karburator, starter langsung oke. Karena mesin sekarang sudah ada valve adjuster yang menahan oli tidak langsung turun ke carter (penampungan),” ujar Didi.

Dia menyambung, hal itu tentu berbeda jika mobil tersebut belum dilengkapi dengan valve adjuster. Dipastikan butuh pemanasan terlebih dahulu sebelum dibawa jalan.

Mesin mobil yang belum dilengkapi valve adjuster perlu pemanasan dulu untuk melumasi mesin bagian atas.

“Karena ketika mesin mati daya gravitasinya enggak ada, jadi ketika baru dihidupkan, kondisi oli masih dipompa dulu untuk sampai ke bagian atas dari tempat penampungan (carter),” tuturnya.

 

editor: ren

Komentar