oleh

Danramil 04/SDH Sosialisasi Karhutla

Sibolga – Kodim 0212/TS melalui Danramil 04/SDH, Kapten Inf Marasaman Siregar sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), atau membuka lahan baru untuk pertanian dengan cara membakar hutan kepada masyarakat di Desa Gurahut, Kecamatan Aek Bilah, Tapanuli Selatan (Tapsel), Jumat, 10 Agustus 2018.

Sosialisasi dilaksanakan di sebuah warung di desa itu. Sambil ngopi, warga pun anstusias mendengar paparan dari Marasaman Siregar.

Selain warga, hadir juga kepala desa setempat, Rinto Siregar.

Marasaman Siregar menjelaskan, ketika musim panas penting dilakukan antisipasi terjadinya kebakaran.

“Jangan sembarangan melakukan pembakaran lahan. Kita disini juga untuk ikut menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang lain. Lingkungan kita harus dijaga. Masyarakat sudah turun temurun melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan perkebunan. Akibatnya, sebagian petani tidak bisa menjaga wilayah perkebunan yang dibakar hingga merambah ke arah hutan,” tutur Marasaman.

“Jika sudah terjadi kebakaran, otomatis udara yang kita hirup akan tercemari, warga lain akan merasa dirugikan, serta bisa berakibat merugikan diri sendiri. Sebab, jika hutan ikut terbakar, maka orang itu harus membayar ganti rugi, bahkan bisa berurusan dengan polisi,” ungkapnya.

Kepada warga Danramil 04/SDH juga menyampaikan agar tidak membuang punting rokok semabarangan yang mengakibatkan terjadinya kebakaran. (penrem 023)

Komentar