Lakukan 6 Cara Ini Mengatasi Sakit Gigi

  • Whatsapp
Ilustrasi Sakit Gigi. Foto: Tempo.co.

Smart News Tapanuli – Tak dapat dipungkiri bahwa sakit gigi menjadi salah satu penyakit yang cukup menyiksa. Berbagai masalah seperti gigi patah, penyakit gusi, gigi berlubang, membuat aktivitas Anda kerap terkendala. Sakit gigi umumnya disertai dengan pusing.

Meski demikian, terkadang Anda sulit untuk mengatur jadwal berobat ke dokter gigi. Melansir Liputan6.com, Kamis 6 September 2018, Anda yang memiliki jadwal yang padat, dapat menunda berobat ke dokter dengan enam cara ini.

Bacaan Lainnya

1. Obat penghilang rasa sakit

Jika sakit gigi benar-benar menyiksa, sebaiknya Anda segera menenggak obat penghilang rasa sakit. Hal ini lantaran kandungan ibuprofen dan naproxen merupakan obat antiinflamasi non steroid, sehingga dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit untuk sementara.

Pun demikian, perlu dicatat bahwa obat ini hanya bersifat sementara, karena dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi terus menerus. Efek sampingnya yaitu kerusakan hati, sakit perut, dan masalah kulit.

2. Gel Benzokain

Gel ini bersifat analgesik yang dapat membantu meredakan rasa sakit di mulut. Gel benzokain bekerja dengan meredakan peradangan pada gusi di sekitar gigi yang sakit.

Kendati demikian, dosisnya harus pas, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan mati rasa pada gigi dan mulut, sehingga air liur dapat menetes terus tanpa bisa dikontrol. Sangat tidak lucu apabila sakit gigi hilang, namun efek yang ditimbulkan adalah mati rasa pada mulut.

3. Air garam yang hangat

Dengan cara ini mungkin terkesan kuno, namun berkumur air hangat yang sudah ditaburi garam benar-benar ampuh usir sakit gigi. Hanya dengan berkumur selama 30 detik, mulut dapat lebih bersih, cairan dalam gusi pun hilang dan rasa sakit pada gigi pun reda.

Garam juga dapat membantu mencegah kerusakan sel pada tubuh, sehingga radang pun dapat lebih cepat reda.

4. Kompres dengan air dingin atau es

Cara ini dinyakini ampuh untuk redakan sakit gigi dalam sekejap. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu membungkus es dengan kain lap atau handuk kertas, dan tahan di pipi selama 10 menit. Waktu tersebut dirasa cukup untuk mengurangi pembengkakan dan membunuh rasa sakit.

5. Kantong teh peppermint dingin

Kantong teh peppermint dipercaya mengandung menthol yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Untuk menggunakan metode ini, Anda dapat memasukkan kantong teh dalam air panas, lalu peras airnya dan masukan ke dalam freezer. Setelah itu, letakkan kantong teh tersebut pada gigi yang sakit dan diamkan selama 20 menit.

6. Rendaman kapas pada minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu pereda rasa sakit alami. Kandungan eugenol pada cengkeh yang membuat rasa nyeri pada gigi hilang dalam sekejap. Untuk menggunakan metode ini, berkumurlah dengan air hangat, lalu letakkan dua hingga tiga tetes minyak cengkeh pada bola kapas, setelah itu gigitlah dengan gigi yang dirasa nyeri selama 15 menit. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *