Dibuka 19 September, Simak Jadwal Seleksi CPNS 2018

  • Whatsapp
Ilustrasi PNS. Foto: dok_Istimewa.

Smart News Tapanuli – Pemerintah siap menggelar proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dengan total formasi yang dibuka sebanyak 238.015. Rinciannya, 51.271 formasi untuk pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga)dan 186.744 formasi untuk pemerintah daerah (525 Pemerintah Daerah).

Dalam laman Instagram milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), penerimaan CPNS 2018 mulai dapat diakses pada 19 September mendatang. Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) yang beralamatkan sscn.bkn.go.id pada saat itu juga akan siap diakses oleh para calon pelamar.

Bacaan Lainnya

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, membenarkan bahwa proses awal penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaru ini memang akan dibuka dalam waktu dekat.

“Kami memang akan membukanya dalam waktu dekat ini, kalau dari jadwal 19 September nanti. Karena secara jadwal proses awal memang direncanakan dimulai pada September ini,” ujar Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com, Jumat 7 September 2018.

Namun Ridwan menggarisbawahi bahwa saat ini belum seluruh instansi telah memasukan formasinya ke dalam sistem SSCN.

“(Pemerintah) pusat sudah input semua formasinya ke SSCN, tapi untuk yang daerah belum semua,” jelas dia.

Ia juga mengatakan, BKN telah menyiapkan jadwal proses penerimaan CPNS hingga akhir yang targetnya bakal selesai tahun ini. Namun begitu, ia menyebut bahwa jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

Adapun secara jadwal, tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi CPNS 2018 akan berlangsung antara September hingga tenggat waktu pekan kedua Oktober 2018.

Kemudian proses bakal berlanjut pada tahap pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang direncanakan berlangsung pada pekan ketiga Oktober sampai November 2018.

Pasca-menjalani serangkaian tes, para CPNS yang lolos proses seleksi akan diumumkan kelulusannya pada pekan keempat November.

Proses panjang rekrutmen CPNS 2018 pun akan berakhir penghujung tahun, ditutup dengan tahap pemberkasan yang direncanakan berlangsung pada Desember 2018. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *