BI Sibolga Sosialisasi Ekonomi Syariah di Ponpes Musthafawiyah Purba Baru

  • Whatsapp
Kepala KPw BI Sibolga Suti Masniari Nasution menggunting pita peresmian sarana pengolahan air bersih yang diharapkan menjadi unit usaha ekonomi syariah Ponpes Musthafawiyah Purba Baru. (foto: ist)

Mandailing Natal – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Suti Masniari Nasution menyosialisasikan perkembangan ekonomi syariah kepada para santri dan santriwati Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Senin 22 Oktober 2018.

Dikatakan, Bank Indonesia sedang gencar-gencarnya mendorong pengembangan ekonomi syariah di Indonesia yang sebenarnya sudah dimulai sejak 1992 silam.

Bacaan Lainnya

“Namun kita ketahui, perkembangan ekonomi syariah tidaklah secepat yang kita inginkan. Masih berjalan cukup lambat sehingga perlu sinergi dan akselerasi dari semua pihak untuk mendorong pertumbuhannya,” ujar Suti Masniari Nasution ketika meresmikan sarana pengolahan air bersih program sosial tematik BI Sibolga.

Menurut dia, disamping hadir sebagai supporting kondisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pembangunan sarana pengolahan air bersih bantuan BI Sibolga lewat program sosial tematik ini juga merupakan upaya pengembangan ekonomi syariah di Ponpes Musthafawiyah Purba Baru.

Selain dapat memenuhi kebutuhan santri, instalasi air bersih ini juga dapat dikembangkan secara komersil. Diharapkan ini menjadi cikal bakal dari pengembangan ekonomi syariah di pesantren.

“Air yang berasal dari sumur bor ini mampu menghasilkan 15.000 liter air bersih siap minum setiap hari sehingga bisa dipasarkan secara komersil,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, BI Sibolga akan meresmikan satu unit bisnis syariah di pesantren ini, yakni pengolahan tepung kelapa.

“Ini akan menjadi pembelajaran yang berharga kepada adik-adik santri dan santriwati maupun seluruh keluarga besar pesantren,” tuturnya.

Suti mengungkapkan, dalam setiap kesempatan pihaknya juga selalu memberikan sosialisasi tentang bank sentral, memberi pemahaman wawasan bagaimana dan apa sebenarnya itu bank sentral.

“Supaya generasi muda, para siswa termasuk santri dan santriwati dapat mengerti apa itu bank sentral dan apa fungsinya di Negara ini,” imbuhnya.

Selain itu, BI Sibolga juga hadir dengan perkuliahan umum di berbagai universitas, juga memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi.

Pada kesempatan yang sama, pimpinan Ponpes Musthafawiyah Purba Baru Musthafa Bakri Nasution mengapresiasi program sosial Bank Indonesia Sibolga atas pembangunan instalasi pengolahan air bersih tersebut.

“Bantuan sarana pengolahan air bersih ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain dapat memenuhi kebutuhan air minum para santri, juga dapat dimanfaatkan secara komersil,” ujarnya.

Dia berharap kepada Bank Indonesia Sibolga untuk terus memberikan perhatian kepada pesantren tersebut melalui program sosial yang lainnya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *