oleh

Peringatan Sumpah Pemuda di Korem 023/KS

Sibolga – Memperingati Sumpah Pemuda ke 90, satuan jajaran Korem 023/KS menggelar upacara bendera serentak di wilayah teritorial masing-masing, Senin (29/10).

Di Makorem 023/KS, Kasi Ren Letkol Arm Masturi menjadi Irup dan Kapten Inf Robet Sinaga (Kabintal Rem 023/KS) sebagai komandan upacaranya. Pada kesempatan ini, Letkol Masturi membacakan amanat Menpora Imam Nahrawi.

“Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 bertema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’ yang didasari pentingnya pembangunan kepemudaan,” ujarnya.

Melalui tema ini diharapkan akan lahir generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, dan demokratis. Memiliki jiwa kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo amat relevan mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah asia. Pada perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia berhasil bersaing dengan bangsa-bangsa asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4.

“Demikian di ajang Asian Para Games, atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5. Ini sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia,” tuturnya.

Menghadapi Pemilihan Umum 2019, peran dan tanggung jawab pemuda sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda perlu ditingkatkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda generasi saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas tembok kekinian dunia.

“Demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pungkasnya. (penrem023)

Komentar