Satgas TMMD Kodim 0210/TU Penyuluhan Bela Negara

IMG 20181030 WA0018
Foto dok-Ist

Tapanuli Utara – Satgas TMMD 103 Kodim 0210/TU menggelar penyuluhan pendidikan pendahuan bela Negara di Gereja HKBP Dusun Sitapongan, Desa Banuaji IV, Kecamatan Adian Koting, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu (28/10).

Penyuluhan ini masuk dalam materi kegiatan non fisik disampaikan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0210/TU Kapten Kav Suharsono.

Bacaan Lainnya

Penyuluhan ini dimaksudkan memberikan gambaran kepada masyarakat tentang peran warga dalam bela Negara dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Kapten Suharsono menjelaskan tentang cinta tanah air Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari berbagai suku dan agama.

“Mencintai dan melestarikan lingkungan hidup sehingga tidak terjadi penebangan liar dan tetap menjaga penghijauan,” ujarnya.

Pasiter menjelaskan Pancasila sebagai ideologi Negara. Pancasila merupakan sumber hukum sekaligus kerangka acuan NKRI, karena Pancasila sebagai dasar Negara telah dapat mempersatukan rakyat Indonesia.

Nilai Pancasila juga digunakan dalam penyelesaian konflik, serta mematahkan setiap ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan terhadap keutuhan bangsa.

“Kita atasi bersama berdasarkan kaidah demokrasi Pancasila yang menjunjung tinggi sifat kekeluargaan dan gotong royong,” tegasnya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *