Durian Bisa Picu Hipertensi, Benarkah?

  • Whatsapp
Buah Durian. (FOTO: Pixabay)

Smart News Tapanuli – Buah yang satu ini memang memiliki aroma yang aduhai. Realitanya banyak orang yang menyukai buah durian karena kenikmatan rasanya.

Namun banyak orang yang khawatir saat mengonsumsinya karena berpikir jika durian mampu meningkatkan tekanan darah. Padahal, jika kita sampai mengalami tekanan darah tinggi. Maka kita pun akan lebih rentan terkena penyakit mematikan seperti stroke atau penyakit jantung.

Bacaan Lainnya

Apakah durian bisa memberikan efek kesehatan ini?

Pakar kesehatan dr. Marya Haryono dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyampaikan jawaban dari pertanyaan ini, bisa iya dan bisa tidak.

Hal ini bergantung pada kebiasaan kita mengonsumsi durian. Jika kita mengonsumsinya terlalu sering atau dalam jumlah yang berlebihan, maka bisa jadi tekanan darah akan mengalami kenaikan.

Namun jika durian dikonsumsi dalam jumlah atau frekuensi yang wajar, bisa jadi tekanan darah tidak akan mengalami perubahan dengan signifikan.

Sebenarnya, kandungan gizi di dalam durian termasuk sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat vitamin dan berbagai komponen lemak baik.

Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak serta merta akan menyebabkan kenaikan tekanan darah di dalam tubuh kita. Hanya saja, di dalam durian terdapat kandungan potassium yang cukup tinggi.

Beberapa buah lain yang juga memiliki kadar potassium tinggi adalah pisang dan alpukat. Kandungan ini jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa mempengaruhi tekanan darah kita.

Dan yang menariknya, di dalam 13 gram durian terdapat 33 persen kandungan kalori namun juga memiliki komponen lemak baik yang juga mampu membantu kondisi tekanan darah tetap sehat.

Karena alasan inilah pakar kesehatan menyebut durian masih bisa dikonsumsi asalkan porsinya tidak berlebihan dan kita pun tidak akan mengalami efek peningkatan tekanan darah.

Sebaliknya, jika kita mengonsumsi durian hingga 500 gram misalnya, bisa jadi kenaikan tekanan darah akan terjadi dan bisa membahayakan kesehatan.

Mengacu kepada fakta ini, penderita tekanan darah tinggi dan diabetes memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi durian karena adanya kalori yang cukup tinggi dan kemungkinan meningkatkan gula darah dan tekanan darah.

Jika perlu, berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah boleh mengonsumsinya atau tidak.

 

sumber: doktersehat.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *