Bank Indonesia Kembangkan Demplot Bawang Merah di Sigapiton

  • Whatsapp
Demplot bawang merah di Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Toba Samosir. (FOTO: dok.ist)

Sibolga – Dukungan Bank Indonesia (BI) menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia tidak main-main. Karena pariwisata diyakini menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia yang lebih baik ke depan.

Pjs Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut Hilman Tisnawan mengatakan pihaknya tengah mengembangkan ekonomi di berbagai spot atraksi di kawasan Danau Toba.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan kerja sama telah dilaksanakan serangkaian penanaman demplot bawang merah di lahan seluas 2,5 hektar di Desa Sigapiton, Jumat (16/11).

Luasan lahan dimaksud terdiri dari 1 hektar untuk demplot percontohan, kemudian 1,5 hektar lainnya ditanam di lahan masyarakat.

“Program ini memang dititikberatkan pada kekuatan lokal setempat, serta melibatkan partisipasi aktif warga. Dalam hal ini, Desa Sigapiton basisnya adalah pertanian,” sebut Hilman Tisnawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/11).

KPw BI Sumut bekerja sama dengan Kelompok Tani Golat Sungsang, beranggotakan 60 orang, diketuai Ojak Sirait. Kemudian Kelompok Tani Golat Butar, beranggotakan 62 orang, diketuai Hasian Simaremare.

Dia menambahkan, dalam demplot bawang merah tersebut, BI memberikan bantuan 2,5 ton bibit bawang Brebes, terdiri dari 3 varietas: bauji, tajuk, dan super philip. “Selain itu, ada juga bantuan motor roda tiga dan hand tractor kepada masing-masing kelompok,” ujarnya. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *