Panen Padi di Karo Pakai Alat Modern

panen padi
Panen Padi di Karo Pakai Alat Modern. (Foto: dok.)

Karo – Kelompok tani Arih Ersada di Desa Lau Solu, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo, melaksanakan panen padi di lahan seluas 4 hektar. Menariknya, panen padi dilakukan dengan menggunakan peralatan modern.

Babinsa Koramil 09/Lau Baleng, Kodim 0205/TK, Sertu Togi Tampubolon ikut terlibat dalam panen padi tersebut, Kamis 17 Januari 2019.

Bacaan Lainnya

Sertu Togi Tampubolon mengatakan, panen padi di areal pertanian milik kelompok tani Arih Ersada, menggunakan mesin modern, berupa alat pemanen padi komben (wheat harvest). “Kalau semua petani, saat panen menggunakan mesin ini, bisa lebih efisien,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian, salah satu langkah menyukseskan program pemerintah swasembada pangan, khususnya di wilayah desa binaan Babinsa.

Selain membantu menanam hingga memanen padi, pihaknya juga melakukan penyuluhan pertanian bersama PPL kepada kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi binaanya.

Ketua Poktan Arih Ersada mengaku senang dengan kegiatan pendampingan dari Babinsa, yang terjun langsung membantu petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan pendampingan dari Babinsa, hasil panen tahun ini cukup bagus, kita berharap kesejahteraan petani dapat meningkat,” terangnya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *