oleh

Budaya Gotong Royong Kian Pudar, Begini Reaksi Babinsa di Batahan

Batahan – Babinsa Koramil 20/Batahan-Kodim 0212/TS, Pelda Yahya Harahap bergotong royong bersama warga membersihkan fasilitas umum jalan poros Batahan di Kelurahan Pasar Baru Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Selasa 5 Februari 2019.

Pelda Yahya Harahap mengatakan kegiatan gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Sebagian besar masyarakat melaksanakan kegiatan tersebut dengan rutin dan sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh masyarakat.

“Banyak manfaat dari kegiatan gotong royong ini, yakni lingkungan menjadi bersih, menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal kebersihan, dan menguatkan tali silaturahmi dengan masyarakat,” ujar Yahya Harahap.

Menurutnya, kegiatan gotong royong dari waktu ke waktu semakin berkurang. “Tentu saja hal tersebut sangat memprihatinkan karena melemahkan kebudayaan gotong royong di masyarakat,” ungkapnya.

Dia berharap agar ke depan ada koordinasi dengan aparat pemerintah dan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti sosial agar tradisi gotong royong tidak hilang.

“Kegiatan ini adalah salah satu bakti nyata sekaligus penguatan paradigma kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kegiatan karya bakti sebagai implementasi dari pembinaan teritorial, hal itu sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya Babinsa sebagai ujung tombak Aparat Teritorial Kewilayahan,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini, sasarannya adalah membersihkan sektor kanan kiri jalan, saluran-saluran air yang yang terhambat, pemangkasan rumput dan ranting pohon yang membahayakan bagi masyarakat pengguna jalan.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan, sehingga dengan adanya kerja bakti semacam ini akan menciptakan nuansa lingkungan yang bersih dan indah,” imbaunya.

Lurah Pasar Baru Batahan, Zuwardi, mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada Koramil 20/Batahan yang telah peduli dan memotivasi masyarakat dalam setiap kegiatan-kegiatan positif yang bertujuan membangun masyarakat.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi kami untuk semakin peduli dengan pentingnya kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (penrem 023)

Loading...

Komentar