KPU Gelar Bimbingan Teknis kepada KPPS Se-Kota Sibolga

  • Whatsapp
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga melatih petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). (Foto: Istimewa)

Sibolga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga gelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk melatih petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tujuannya agar petugas KPPS mampu menjalankan tugas dengan baik dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2019.

Pelatihan digelar di Gedung Nasional Sibolga, Kamis (11/4/2019) di Jl Ferdinand Lumbantobing.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sibolga Khalid Walid menyampaikan pelatihan merupakan rangkaian pematangan dan pemahaman terhadap petugas KPPS sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pemilu. Sehingga nanti pada hari H dapat menjalankan tugas dengan baik.

“KPPS adalah ujung tombak KPU, dan harus netral, sehingga tidak boleh ada intervensi, dan memegang teguh independensi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan, Asmar Harahap Komisioner Divisi Data KPU Sibolga. AsmarĀ  di kesempatan itu menekankan, bahwa KPPS harus dapat memahami betul tugas dan tanggung jawabnya.

Ia mencontohkan, kertas C 6 adalah merupakan undangan pemberitahuan. “Jangan karena seseorang tidak membawa C 6 nya, sehingga tidak diperbolehkan memilih, akan tetapi harus dilayani kalau memang terdaftar di DPT,” ujarnya.

Menurut Asmar, yang terdaftar di DPT dapat menunjukkan KTP, SIM ataupun Paspornya tentu dapat dilayani untuk memilih.

Asa Dame Simanjuntak, Komisioner Divisi Hukum juga menambahkan, pentingnya menjaga integritas penyelenggara pemilu. Dalam hal ini KPPS jangan ada bermain main dalam memilih, atau dalam melaksanakan tugas, sebab dasar hukumnya sudah ada kepada pelanggar pemilu, demikian juga ada pidananya.

Sementara Salmon Tambunan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu memaparkan bagaimana KPPS dapat mempermudah dan melayani pemilu namun tidak bertentangan dengan hukum.

“KPPS adalah perpanjangan tangan KPU, dan kata kunci kesuksesan pemilu itu ada di tangan KPPS. Untuk itu, selama pelatihan ini saya berharap petugas KPPS dapat mengikuti dengan baik, sehingga pada hari H tidak ada masalah,” jelasnya.

Pelatihan KPPS ini akan dilaksanakan selama dua hari, meliputi pertama Kecamatan Sibolga Utara, dan Sibolga Sambas. Dan di hari kedua meliputi Kecamatan Sibolga Sambas dengan Sibolga Selatan. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *