Amanat Pangdam I/BB di HUT Ke-74 RI

danrem 023 ks 1
Danrem 023/KS, Kol Inf Tri Saktiyono Membacakan Amanat Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah Pada HUT Ke-74 RI di Makorem 023/KS, Sabtu 17 Agustus 2019. (Foto: ist)

SmartNews, Sibolga – Korem 023/KS melaksanakan upacara HUT ke-74 RI di lapangan Makorem jalan Datuk Itam No 1 Kota Sibolga, Sabtu (17/8/2019).

Danrem 023/KS, Kol Inf Tri Saktiyono bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah.

“Kemerdekaan dan kebebasan yang kita rasakan ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa, serta para pendahulu yang telah berjuang dan berkorban jiwa raga. dengan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, mereka telah membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dan penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri,” kata Pangdam I/BB.

MS Fadhilah mengatakan, tidak ada klaim bahwa kemerdekaan itu diraih berkat jasa sekelompok orang, karena para pejuang saat itu tidak mengenal pertentangan sara.

“Semuanya bersatu, rela berkorban demi satu tujuan, lepas dari penjajahan yang menyengsarakan rakyat dan seluruh bangsa Indonesia. dari sejarah tersebut, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendoakan para pahlawan bangsa, serta mengucap syukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini,” ungkapnya.

“Bagi TNI-Angkatan Darat, kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya, yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya. Kodam I/BB selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana bersama polri dan komponen bangsa lainnya, juga turut menunjukkan perannya dalam menjaga kawasan perbatasan bekerjasama dengan institusi pemerintah lainnya,” jelas MS Fadhilah.

Menurutnya, para prajurit yang ada di perbatasan, di daerah konflik, di wilayah terpencil, di pulau terluar, dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alasan sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat, dan dihormati di dunia.

“Oleh karena itu, saya selaku pangdam I/BB dan pribadi menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara semua, para Prajurit, dan PNS, beserta keluarga besar Kodam I/Bukit Barisan. Lebih khusus lagi, kepada mereka yang telah berkorban jiwa raga, terluka, dan gugur demi tugas Negara,” kata Pangdam. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *