BI Sibolga Kenalkan QRIS, Ini Manfaatnya

bi sibolga
Kepala Perwakilan BI Sibolga, Suti Masniari Nasution, melakukan simulasi transaksi menggunakan QRIS. (Foto: ist)

SmartNews, Sibolga – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga mengenalkan standar Quick Response (QR) Code untuk semua pembayaran, melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Kepala Perwakilan BI Sibolga, Suti Masniari Nasution, menjelaskan peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

Menurut Suti, QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), menggunakan standar internasional EMV Co (lembaga yang menyusun standar internasional QR Code).

“QRIS dilaunching pada 17 Agustus 2019, bertepatan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan RI,” kata Suti Masniari Nasution, di kantor BI Sibolga, Senin (19/8/2019).

Lanjutnya, manfaat QRIS adalah untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan spesifik negara, sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

“Guna memberi masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020,” sebut Suti.

Untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM).

“Penjual (merchant) akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran,” jelasnya.

Sebelum siap diluncurkan, spesifikasi teknis standar QR Code dan interkoneksinya telah melewati uji coba (piloting) pada tahap pertama pada September hingga November 2018, dan tahap kedua pada April hingga Mei 2019.

Dia menambahkan, QRIS mengusung semangat UNGGUL (universal, gampang, untung dan langsung). Tujuannya, untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dengan QRIS, masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri. Transaksinya mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Bertransaksi dengan QRIS juga menguntungkan pembeli dan penjual, karena berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

“Proses transaksi dengan QRIS sangat cepat dan seketika, sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran,” terangnya. (s3/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *