oleh

Dari Netizen untuk Wali Kota Sibolga Berikutnya, Apa Saja? Ini Selengkapnya

SmartNews, Sibolga – Kota Sibolga, Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang ikut dalam Pilkada serentak tahun depan.

Meskipun saat ini para bakal calon wali kota Sibolga masih dalam tahap proses penjaringan di beberapa partai politik (Parpol), namun sudah banyak warga yang menyampaikan banyak hal yang harus dibenahi di kota itu oleh wali kota terpilih nantinya di Pilkada 2020.

Hal itu diketahui setelah para netizen memberikan saran kepada wali kota Sibolga terpilih nantinya untuk dapat dilakukan demi kemajuan daerah tersebut.

Saran dari para netizen tersebut disampaikan melalui laman Smart News Tapanuli sejak, Selasa-Rabu, 8-9 Oktober 2019.

Misalnya seperti disampaikan akun Lian Syah Putra. Dia berharap agar pendapatan asli daerah (PAD) dapat meninggkat.

Kemudian Andrian Ramadhan Simatupang. Dia menyebut pentingnya perluasan lahan.

Perluasan lahan, membenahi fasilitas publik, reklamasi pantai Sibolga, menertibkan PKL yang memakan jalan, menambah lampu-lampu jalan juga memperbaiki rambu-rambu lalu lintas yang rusak, perbaikan jalan-jalan yang rusak, PDAM bisa online dan dibuka sekolah tinggi dengan banyak pilihan jurusan serta bioskop,” tulis Andrian Ramadhan Simatupang.

Masih banyak lagi. Kedepannya Sibolga harus bisa mengimbangi Kota Padangsidimpuan. Sayangkan, apabila kota terkecil di Indonesia ini tak bisa maju dan modern. Kota kecil, Tapi tidak bisa dikecilkan!,” sambungnya.

Kemudian pengguna Facebook Andrian Ramadhan Simatupang menyampaikan, kota kecil lebih mudah pengelolaannya.

Kota Sibolga harus bisa mengimbangi kota-kota yang lebih besar seperti Pasid dan Siantar,” katanya.

Air jika hujan kok mati? Kualitas air juga diperbaiki ya. Jalur lintas Sibolga Pandan diperlebar. Kasihan jika Ambulance bawa pasien darurat lewat terkena macet. Pengemis/pengamen sebaiknya dididik, jangan anak-anak dibiarkan mengamen dan jadi contoh tidak baik. Secara umum, Kota Sibolga sudah baik dan tertib toleransi, semoga tetap terjaga. Amin,” tulis akun facebook Andry Saragih Simarmata.

Mengurangi angka putus sekolah untuk menyelamatkan generasi anak muda kota Sibolga. Tingkatkan kualitas wisata tanpa ada nya pungli. Berikan wadah/tempat pedagang kaki lima di kota Sibolga,” tulis Fahmi Bimbim.

Yang paling utama dibenahi, banjir setiap x hujan yang deras atau pun tidak deras. Fasilitas umum (Toilet umum dan taman bermain umum untuk anak-anak). Pengemis dan pengamen anak2 di bawah umur. Lapangan kerja buat pengangguran. Bioskop atau pun kebun binatang mini juga boleh, ngak usah banyak jenis hewan-hewannya. Lampu jalan masih sering mati sepanjang jalan kalau hujan deras. Jika dibuka lapangan kerja baik untuk pemerintah atau pun bukan yang diutamakan ASLI PUTRA/PUTRI DAERAH KOTA SIBOLGA,” tulis Hayati Syakina Batubara.

Ada juga yang minta agar nantinya GOR yang berada di Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan diperbaiki.“Perbaiki GOR Parombunan,” tulis Az Wanda Sitompul.

Berbeda dengan Rizky Afandi Siddik Tanjung. Dia minta ke depan agar dalam pembangunan Kota Sibolga melibatkan atau minta ide dari masyarakat.

“Dalam hal pembangunan kota Sibolga wali kota perlu melibatkan/meminta ide dari masyarakat dan putera/i kota Sibolga dengan ide-ide milenialnya, karena banyak di antara warga dan putera/i kota Sibolga yang punya ide-ide brilian yang apabila diterapkan akan berdampak positif untuk kemajuan kota Sibolga. Maka diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa cinta yang lebih terhadap kampung halaman, ketika rasa cinta sudah tumbuh maka akan timbul rasa memiliki,” sebut Rizky Afandi Siddik Tanjung.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh wali kota untuk menyerap ide-ide dari masyarakat kota sibolga, baik dengan diskusi atau dalam bentuk sayembara berhadiah (hadiah tidak penting, yang penting ide bisa berguna untuk kota Sibolga) untuk menuangkan ide tentang satu tempat yang ingin dibangun di kota Sibolga,” lanjutnya.

Sementara, ada juga yang berharap agar ada lagi pembangunan rusunawa. “Tambahkan rusunawa lagi,” tulis Evi Nidia.

Lain lagi dengan harapan pengguna akun facebook, Reynold Simamora.

Menjadi pelopor membuat jalur kereta api lintas barat untuk penumpang dan dapat mengangkut seluruh hasil pertanian, pertambangan, perkebunan maupun perikanan hingga nantinya tiap kota/kabupaten sampai Bakauheni Bandar Lampung dapat terjangkau dengan akses yang murah, mudah, aman dan cepat. Dengan demikian perekonomian di sepanjang pantai barat dapat meningkatkan sumber pendapatan masyarakat,” sarannya.

Bagaimana caranya supaya Pelabuhan Sibolga berkembang menjadi pelabuhan kapal Kargo atau Export Import dimasa akan datang,” sambung Maniti Lubis Jr.

Lainnya, berharap agar Pulau Poncang dibenahi. “Pulau poncan dibuat seperti dulu. Tujuan wisata lokal dan non lokal. Yang murah meriah. Dengan kapal motor yang bisa muat orang banyak, seperti di danau toba,” tulis Harry.

Senada disampaikan Hendrix. “Pulau poncan, agar bisa menjadi objek wisata laut yg di banggakan kota Sibolga. dibenahi dan di datangkan investor utk menjadi pendana pembuatan tempat wisata yg moderen siperti taman Ancol Jakarta,” pintanya. (snt)

Loading...

Komentar