oleh

Stop BABS, Muspika Batangtoru Gelar Sosialisasi dan Dihadiri Babinsa

SmartNews, Batangtoru – Danramil 01/Batangtoru Kodim 0212/Tapsel Kapten Czi Pahlawan menghadiri rapat bersama sekaligus sosialisasi program Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) dengan unsur Muspika dan UPT Puskesmas Batangtoru di Wek III, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Jumat (8/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Batangtoru, Muhammad Yamin Batubara, Ka UPT Puskesmas, Perangkat Desa Wek III, Bidan Desa, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat Desa Wek III Kecamatan Batangtoru.

Camat Batangtoru dalam sambutannya menyebutkan bahwa pihaknya bersama para petugas kesehatan akan mendukung program pemerintah melalui strategi nasional STBM untuk menurunkan kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Selanjutnya, disamping gencar lakukan sosialisasi, Camat Batangtoru juga akan melakukan aksi nyata bersama unsur terkait di wilayah untuk sukseskan program Stop BABS.

“Kami optimis, ke depan Desa Wek III akan menjadi desa yang bebas BABS. Kami akan menekankan kepada aparat pemerintah desa dan seluruh warganya untuk dengan segera mendeklarasikan Desa Wek III Bebas Stop BABS,” ujarnya.

Menurutnya, ada 62 unit jamban yang akan dibangun di lingkungan rumah warga, dan setelah diadakan rapat bersama pihaknya akan melakukan penggalian Septic Tank sebanyak 3 unit, untuk selanjutnya akan dikerjakan secara bertahap bersama unsur terkait di wilayahnya.

Sementara itu, Danramil 01/Batangtoru Kapten Czi Pahlawan yang hadir dalam rapat tersebut mengungkapkan, melalui program Stop BABS, selaras dengan program yang ada di satuan TNI yaitu program jambanisasi kepada keluarga sehat.

Sambungnya lagi, pembuatan jamban di wilayah Kecamatan Batangtoru dilaksanakan secara tersebar di setiap desa. Sebelum pembuatan, para Babinsa bersama aparat desa dan petugas kesehatan melakukan cek serta pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran.

“Kita akan sukseskan program Stop BABS ini secara bersama-sama. Yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban dirumah,” ujarnya.

“Kami akan dukung terus pembuatan jamban pada setiap desa yang ada di Kecamatan Batangtoru ini secara bertahap dan berlanjut, dan ini akan kita kembangkan terus sesuai kemampuan yang ada,” katanya.

Danramil mengutarakan bahwa kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial juga akan tercapai.

“Guna memperkokoh kemanunggalan TNI-AD dengan rakyat, melalui program Stop BABS dan jambanisasi ini mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” pungkasnya. (penrem023)

Loading...

Komentar