7 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

  • Whatsapp
foto: Ilustrasi. (Net)

SmartNews-Warna kulit masih menjadi suatu hal yang cukup krusial bagi wanita. Khususnya di Indonesia, banyak yang memandang bahwa cantik haruslah putih. Oleh sebab itu, banyak beredar pemutih badan dan wajah yang keamanannya belum terjamin.

Bahkan banyak pelaku curang yang dengan sengaja menambahkan bahan pemutih yang berbahaya bagi wajah. Alih-alih ingin membuat kulit menjadi putih, justru konsumen akan menumpuk risiko pada kulit wajahnya.

Sebenarnya, banyak skincare yang menawarkan hasil kulit wajah menjadi putih. Namun kebali lagi kepada jenis kulit wajah masing-masing. Tidak semua orang merasa cocok dengan pemakaian produk yang sama. Semua tergantng bagaimana respon kulit wajah terhadap skincare tersebut.

Daripada membuang biaya dengan cost yang tinggi, cobalah pemutih wajah dari bahan alami yang sudah pasti aman bahkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Mengapa Harus Bahan Alami?

1. Menghindari kandungan zat kimia

Meskipun banyak pemutih wajah sudah mengantongi nomor registrasi BPOM yang cenderung dipastikan aman konsumsi, namun tetap saja produk tersebut mengandung zat kimia. Penumpukan zat kimia pada kulit wajahlah yang nantinya akan membahayakan konsumen di kemudian hari.

Selain itu, ibu hamil dan menyusui juga perlu waspada nih dengan skincare meskipun sudah memiliki nomor registrasi BPOM. Lebih baik dihindari ya.

2. Harga murah

Hal yang satu ini terasa jelas sekali sebagai pembeda antara pemutih wajah alami dengan produk maupun treatment di dokter kecantikan. Apalagi bagi kamu yang sedang menabung untuk merencanakan sesuatu, menikah misalnya. Sebaiknya pertimbangkanlah pemutih wajah dengan bahan alami ini.

Jadi, sisa uangmu bisa ditabung deh! Karena hemat bukan berarti pelit, berhematlah dengan tetap memenuhi kebutuhan dengan cost yang rendah.

3. Bahan mudah ditemukan

Cara memutihkan wajah dengan bahan alami bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di dapur maupun di tukang sayur terdekat. Sehingga, memutihkan wajah akan lebih menyenangkan.

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami:

1. Lidah Buaya

Zat aloesin yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat menghambat pembentukan melanin dalam kulit wajah. Melanin merupakan zat yang dapat memmunculka warna hitam pada kulit. Jika pebentukan melanin terhambat, maka penghitaman kulit juga terhambat.

Lidah buaya juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah wajah dari kulit kusam dan penuaan. Cara menggunakan lidah buaya sebagai pemutih wajah pun cukup mudah lho.

• Petik lidah buaya dengan ukura sesuai kebutuhan
• Kupas bagian terluar atau kulit dari lidah buaya
• Pisahan daging dengan kulitnya
• Cuci daging lidah buaya untuk menghilangkan lendir atau getah yang masih menempel
• Setelah bersih, hancurkan daging lidah buaya
• Gunakan sebagai masker 15-20 menit atau sesuai selera
• Pakai rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal

2. Jeruk Nipis/lemon

Sebagaimana diketahui bahwa jeruk nipis atau lemon memiliki kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut yang dapat membuat kulit menjadi lebih putih bahkan terhidar dari jerawat maupun bekas jerawat.Untuk menggunakan jeruk nipis atau lemon sebagai pemutih kulit, lakukan langkah-langkah berikut.

• Belah jeruk nipis atau lemon pada posisi horizontal
• Peras dan pisahkan sari dengan biji
• Gunakan perasan sebagai masker untuk memtuhkan wajah
• Diamkan 10-15 menit lalu dibilas dengan air hangat

3. Bengkoang

Manfaat bengkoang untuk memutihkan kulit wajah sudah tidak asing di telinga. Tidak heran jika sati bengkoang seringkali digunakan sebagai kandungan utama produk pemutih. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu untuk meregenerasi sel kulit pada wajah. Caranya pun cukup mudah.

Cara memutihkan wajiah dengan bengkoang yaitu dengan cara memarut bengkoang dan menggunakannya untuk masker sekaligus scrub pada wajah.

4. Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang dapat membantu kulit untuk mengankat sel kulit mati dan meregenerasinya. Penggunaan putih telur ini pun tidak hanya akan membuat kulit menjadi cerah, melainkan menjadi halus dan kencang. Meskipn berbau amis, namun manfaatnya untuk memutihkan dan menyehatkan kulit wajah perlu dipertimbangkan untuk dicoba lho.

Berikut langkah cara memutihkan kulit dengan putih telur

• Pisahkan putih dan kuning telur (gunakan bagian putih telurnya saja)
• Kocok putih telur hingga berbusa
• Tambahkan madu dan jeruk nipis utuk menyamarkan bau amis (optional)
• Gunakan sebagai masker wajah
• Diamkan 15-20 menit atau sesuai selera
• Bilas menggunakan air hangat

5. Minyak Zaitun

Selain baik untuk memasak, minyak zaitun juga baik digunakan untuk perawatan kulit. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang kaya akan manfaat. Kandungan vitamin A, D, E dan K serta omega 3,6, dan 9 di dalamnya dapat memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak.

Namun, berhati-hatilah dalam membeli minyak zaitun. Pastikan membeli minyak zaitun dengan jenis EVOO (Extract Virgin Olive Oil) untuk mendapatkan seluruh manfaat dari minyak zaitun tanpa campuran bahan kimia. Caranya cukup dioleskan pada wajah lalu diamkan dan bilas dengan air hangat. Dapat juga digunakan untuk campuran masker dari bahan alami lainnya.

6. Tomat
Kandungan lycopene dalam tomat dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam jaringan kulit. Dengan demikian kulit akan menjadi kencang dan cerah berseri. Cara penggunaan tomat sebagai pemutih wajah dapat dilakukan dengan menghancurkan tomat lalu menggunakanya sebagai masker wajah.

Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, wajah dibilas dengan menggunakan air hangat. Pemakaian rutin akan membuat hasil menjadi lebih terlihat.

7. Kunyit

Cara memutihkan wajah dengan bahan alami selanjutnya adalah mengunakan kunyit. Siapa sangka rempah yang satu ini dapat membuat kulit menjadi lebih putih?

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kunyit sebagai pemutih wajah. Kunyit yang digunakan bukanlah parutan atau tumbukan kunyit melainkan bubuk kunyit. Hal ini untuk menghindari warna kuning yang terlalu pekat.

Caranya menggunakan masker kunyit:
• Siapkan 1 sdt bubuk kunyit dan 1 sdt tepung beras
• Campurkan dengan air sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta
• Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit (jangan terlalu lama agar warna kuning pada kunyi tidak terlalu menempel pada wajah).
• Bilas menggunakan air hingga bersih sambil dipijat-pijat.

Sumber: dansmedia.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *