Pandemi Covid-19, Kantor Pusat HKI Bagikan Bantuan Sembako

  • Whatsapp
FOTO: Ephorus HKI, Pdt Dr Manjalo Pahala Hutabarat, foto bersama penerima bantuan di HKI Resort Sibolga. (Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Di tengah upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), Kantor Pusat Huria Kristen Indonesia (HKI) membagikan bantuan sembako kepada warga jemaat HKI kurang mampu, yang terdampak ekonominya akibat pandemi covid-19.

Acaranya diadakan di HKI Resort Sibolga, pada Sabtu (2/5/2020). Hadir, Ephorus HKI Pdt Dr Manjalo Pahala Hutabarat; Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKI Rev Dr Batara Sihombing MTh; Praeses Daerah V HKI Pdt JP Napitupulu; Pdt D Silaban selaku pendeta HKI Resort Sibolga; Kadep Litbang Pdt Adventus Nadapdap STh; Kadep Keuangan Pdt Dormen Pasaribu MTh; para pendeta HKI Daerah V Tapteng-Tapsel.

Bacaan Lainnya

Ephorus HKI Pdt Dr Manjalo Pahala Hutabarat kepada wartawan mengatakan, pembagian sembako itu bertujuan untuk meringankan penderitaan warga jemaat HKI, khususnya yang terdampak secara ekonomi akibat virus corona.

“Untuk Daerah V, ada sebanyak 300 paket yang disalurkan. Bantuan sembako ini diharapkan dapat meringankan sebagian beban warga jemaat kita yang terdampak covid-19 dari sisi ekonomi,” jelasnya.

Kegiatan sosial ini juga serangkaian hari ulang tahun ke 93 HKI. Selain kepada warga jemaat HKI, sembako itu juga disalurkan kepada warga jemaat gereja lainnya, termasuk juga kepada warga beragama lain di sekitaran komplek Kantor Pusat HKI di Pematang Siantar.

“Pembagian sembako itu sebagai bentuk empati HKI, sebab dengan diadakannya pembatasan-pembatasan, dicanangkannya social distancing maupun physical distancing, mengakibatkan pendapatan warga, khususnya jemaat HKI jauh berkurang, bahkan kesulitan dalam mendapatkan nafkah,” ujarnya.

Dia mengatakan, upaya melawan wabah Covid-19 tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, melainkan diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk gereja dalam pencegahan penyebaran virus ini secara terus menerus.

“Hal ini pun menjadi perhatian HKI, dengan membuka Posko HKI Peduli Covid-19. Banyak jemaat HKI di Indonesia maupun di luar negeri serta para donatur yang berinisiatif, ikut berkontribusi dan peduli terhadap warga terdampak virus ini melalui HKI,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk tahap awal, total 850 paket bantuan sembako yang terdiri dari beras, gula, mi instan, minyak goreng, vitamin dan masker, disalurkan untuk 4 daerah yakni daerah III Tobasa, daerah IX Humbang Hasundutan, daerah II Silindung dan daerah V Tapanuli Tengah-Tapanuli Selatan.

“Untuk bantuan selanjutnya akan disalurkan ke daerah VI Sumatra Timur II yang meliputi, Tebing Tinggi, Deliserdang, hingga Kota Medan, daerah IV Dakota Sidikalang hingga Aceh, daerah X, daerah XI Asahan dan Labuhan Batu II,” jelasnya.

Bahkan, kantor pusat HKI juga meminta kepada seluruh gereja HKI di Indonesia untuk membuka Posko HKI Peduli Covid-19, guna membantu warga khususnya warga jemaat HKI di daerah masing-masing.

“Inilah salah satu cara kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bahkan kita juga menyarankan kepada seluruh jemaat HKI untuk beribadah di rumah, dan acara kebaktian dibuat dari kantor pusat. Bahkan khotbah atau penyampaian Firman Tuhan juga kita lakukan secara live,” paparnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *