Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Perkuat Imunitas Jika Sedang Sakit

  • Whatsapp
FOTO; Ilustrasi Sakit. (Foto: Net)

SmartNews, Tapanuli – Untuk memperkuat imunitas tubuh ketika badan sakit diperlukan makanan yang kaya khasiat dan nutrisi seperti berikut di bawah ini.

Apalagi di kondisi perubahan cuaca dan pandemi virus Corona seperti saat ini, sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh.
Selain asupan harian dengan gizi seimbang, tubuh perlu diberi asupan makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

Bacaan Lainnya

Beberapa bahan makanan secara alami mengandung nutrisi penting yang mampu atasi serangan virus dan bakteri. Termasuk mengatasi gejala awal infeksi dan serangan flu.

Sehingga agar tubuh tetap sehat dengan imunitas kuat, beberapa makanan yang direkomendasikan, seperti dilansir detik.com, Selasa (16/6/2020).

1.Teh

Ketika sakit karena infeksi kamu harus tetap terhidrasi. Cairan akan membantu sistem tubuh tetap berjalan baik. Membawa zat nutrisi ke dalam sel-sel tubuh sekaligus menghalau bakteri.

Selain air putih, secangkir teh hangat bisa membuat tubuh nyaman. “Minum teh dapat membantu tetap terhidrasi, sangat penting agar cepat pulih, meredakan pencernaan dan sakit tenggorokan,” ujar Lisa Moskovitz, RDN, pendiri dan CEO NY Nutrition Group.

Kemudian mengenai pilihan jenis teh bisa disesuaikan dengan sakit yang sedang kamu derita. Seperti teh peppermint yang mengandung mentol sangat baik untuk sakit perut. Selanjutnya teh hitam yang kaya flavonoid bisa meredakan infeksi dan membangun imunitas tubuh.

2.Madu

Madu dikenal sebagai salah satu superfood, bagus untuk membangun imunitas. Bisa dikonsumsi bersama teh hangat.

Selain teh jadi lebih enak rasanya, madu juga mengandung antivirus dan antibakteri yang dapat menyembuhkan sakit lebih cepat.

Ulasan pada Pharmacognosy Research bulan April- Juni 2017, disebutkan bahwa madu mengandung antimikroba juga antioksidan dan antiperadangan.

Madu juga bisa meredakan batuk. Cukup konsumsi madu setengah sendok teh sebelum tidur untuk menekan refleks batuk pada anak berusia 1 tahun.

Untuk orang dewasa bisa mengonsumsi 1 sdm madu agar sakit tenggorokan mereda. Dan sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi madu karena tinggi kalori. Belilah madu murni asli yang bagus kualitasnya.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini dikenal dengan aromanya yang tajam dan membuat makanan menjadi lebih lezat. Selain itu bawang putih dikenal akan kemampuannya memperkuat daya tahan tubuh.

Bawang putih dikenal memiliki zat antibakteri yang mampu melindungi tubuh dari bakteri patogen yang berbahaya dan menyebabkan infeksi pada tubuh.

Bila anda tidak suka dengan aroma tajam bawang putih mentah, bisa diganti dengan ekstrak bawang putih atau bawang putih bubuk.
Bawang putih sangat baik dikonsumsi saat flu atau saat tubuh kurang fit.

4. Jamur

Beragam jenis jamur mudah didapatkan. Sejak lama jamur digemari karena rasanya gurih umami dengan tekstur juicy. Jamur shitake, jamur kancing, jamur merang dan jamur tiram merupakan jenis jamur populer.

Jamur khususnya jamur shirataki mengandung beragam vitamin, mineral dan enzim yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.
Sedangkan menurut riset jamur bisa memperkuat daya tahan tubuh secara alami melawan beragam infeksi.

Dalam riset yang dipublikasikan bulan April 2015 di Journal of American Collage of Nutrition ditemukan bahwa jamur shitake (salah satu jenis jamur Jepang) bisa memperkuat imunitas. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya produksi antibodi dan proliferasi sel.

5.Jeruk

Aroma segar dan rasa asam manis menjadi ciri khas buah jeruk. Buah ini juga dikenal kaya akan vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Sedangkan kandungan airnya menghidrasi tubuh agar tak kekurangan cairan selama sakit.

Bila tidak ada jeruk bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang punya efek anti-histamine yang dapat membantu mengatasi flu.

Namun hasilnya akan lebih maksimal jika dikonsumsi sebelum jatuh sakit. Konsumsi jeruk sebaiknya dalam keadaan segar. Bisa berupa buah potong, jus jeruk murni tanpa tambahan gula ataupun air dan pemanis.

Dan sebaiknya jus jeruk langsung diminum setelah diperas agar mendapatkan manfaat maksimal vitamin C nya.

6. Jahe

Sejak lama rempah berbentuk rimpang ini jadi andalan untuk menjaga kesehatan. Jahe dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh ang kuat yang membantu tubuh memerangi virus berbahaya.

Bahkan rempah yang pedas ini bisa mematikan bakteri dan patogen. Bila menderita mual jahe bisa menjadi obat efektif yang alami. Sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan pasien yang menjalani kemoterapi.

Jahe bisa diolah menjadi wedang jahe atau teh jahe. Bisa ditambahkan dalam teh, kopi atau susu. Jika tak ada jahe segar bisa dipakai jahe kering atau jahe bubuk.

7. Kerang-kerangan

Bila anda tidak punya alergi seafood, maka jenis kerang-kerangan merupakan makanan terbaik untuk dikonsumsi selama sakit. Sebab, hasil laut ini kaya akan zinc untuk memproduksi sel darah putih (T-lymphocytes) yang diperlukan saat tubuh sakit.

Hampir tak ada jenis makanan lain yang punya kandungan mineral beragam seperti kerang-kerangan ini. Seperti tiram, kerang hijau, kerang darah dan lainnya. Jika alergi dengan seafood, minumlah suplemen yang mengandung zinc. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *