Viral Awan ‘Tsunami’ di Meulaboh Aceh, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp
Viral Awan "Tsunami" di Meulaboh, Aceh. (FOTO: Screenshot_dtc)

SmartNews, Tapanuli – Viral penampakan awan seperti ombak yang menggulung di Meulaboh, Aceh.

Hal itu dilihat dalam sebuah video. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait hal itu.

Bacaan Lainnya

Dalam sebuah video yang beredara tersebut seperti dilihat menunjukkan bahwa awan tersebut seperti ombak besar.

Kemudian ada tampak bagian awan yang terlihat menghitam dan ada yang putih. Awan tersebut seperti ombak menggulung yang memanjang di langit.

BMKG menjelaskan, fenomena ini dikenal sebagai awan Arcus atau awan tsunami. “Awan berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami,” kata Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria, dilansir detikcom, Senin (10/8/2020).

Katanya bahwa awan seperti itu merupakan bagian dari awan kumulonimbus. Dikatakan, awan ini bisa menimbulkan angin kencang hingga hujan es.

“Saya terima informasi begitu (di Meulaboh). Awan ini merupakan bagian dari awan CB (kumulonimbus). Awan ini merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level (single level). Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, bisa juga terjadi kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es,” kata Zakaria.

Lebih jauh dijelaskan, awan ini juga disebut biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas, sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit.

Untuk itu ia mengimbau warga agar tak berada di lokasi terbuka jika melihat awan tersebut. “Imbauannya, bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *