Bupati Canangkan Program Mina Padi, Jadikan Taput Jadi Lumbung Pangan

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan Turun ke Sawah Bercocok Tanam.

SmartNews, Taput – Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mencanangkan program Mina Padi di Desa Hutauruk Hasundutan, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu (15/8/2020).

Pencanganan ini merupakan upaya pemerintah daerah guna mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan.

Bacaan Lainnya

Di sana, Bupati Nikson Nababan juga menyerahkan bantuan enam ekor kambing kepada warga. Bupati juga turun ke sawah bercocok tanam bersama para petani.

“Saya semangat kalau masyarakat langsung menyambut baik program seperti ini. Karena ini merupakan program ketahanan pangan, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan krisis ekonomi,” ujar Nikson saat bertatap muka dengan para petani.

“Saya akan langsung turunkan alsintan yang akan dikordinir Camat. Kita akan adakan traktor sesuai kebutuhan dan sesuai luasan wilayah,” sambungnya.

Menurutnya, program ini akan mendapatkan hasil dua kali lipat dengan lahan dan waktu yang sama. Padi yang ditanam akan bertumbuh seiring perkembangan ikan yang juga ditabur di lahan tersebut.

“Juga ternak kambing yang diserahkan tadi untuk dikembangbiakkan sehingga berlipat ganda jumlahnya. Mari bersama sama melangkah mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan,” ujar Nikson.

Ketua DPRD Tapanuli Utara, Poltak Pakpahan dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa program ini merupakan lompatan luar biasa.

“Saat ini, situasi pandemi Covid-19, kita mengalami krisis ekonomi, Bupati Taput tidak lagi bertindak biasa-biasa saja, tetapi bertindak luar biasa. Ini luar biasa dan perdana dilakukan di Taput, terima kasih pak Bupati,” ujar Poltak.

Terkait program tersebut, Anggota DPRD Tapanuli Utara, Ombun Simanjuntak menyampaikan bahwa masyarakat harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini.

“Mari masyarkat agar betul betul memanfaatkan bantuan ini. Untuk amang Pandiangan yang saat ini sudah melakukan Mina Padi, agar memotivasi seluruh masyarakat Hutauruk Hasundutan untuk juga melakukan program Mina Padi ini,” katanya.

Koordinator PPL Kecamatan Sipoholon, Jolois Sibagariang menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas program Bupati Tapanuli Utara yang langsung menyentuh masyarakat.

“Kami berterimakasih atas kunjungan bapak Bupati. Kami sangat bangga dengan kepedulian bapak kepada petani, kami akan memajukan program Mina padi ini pak,” ucap Jolois.

Lahan milik Roy Pandingan seluas 1 (satu) hektar ini akan di garap untuk program Mina padi.

Salah seorang utusan masyarakat Hutauruk Hasundutan menyampaikan rasa syukur dan Terima kasih dari seluruh masyarakat.

“Terima kasih pak Bupati dan kami juga mengharapkan alsintan lagi dan irigasi karena potensi kami besar disini,” ujar Sakti.

Selanjutnya Bupati duduk lesehan bersama masyarakat di lahan pertanian masyarakat melakukan diskusi tentang kendala dan solusi pengembangan pertanian, khususnya Mina padi di Desa Hutauruk Hasundutan.

Mina padi (dari mina = “ikan” dan padi) adalah suatu bentuk usaha tani gabungan (combined farming) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *