Viral, Motor Tua Jalan Sendiri saat Subuh

  • Whatsapp
FOTO: Motor melintas tanpa pengemudi. Foto: Tangkapan layar facebook_dtc.

SmartNews, Tapanuli – Viral sepeda motor berjalan mulus tanpa pengemudi bikin geger. Hal ini terlihat lewat video berdurasi 10 detik di berbagai media sosial.

Tadinya, video rekaman CCTV tersebut diunggah oleh akun facebook Aldo OT di grup BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas).

Bacaan Lainnya

Diawal video hanya menampilkan halaman sebuah toko yang berdekatan dengan lapak bensin eceran. Terlihat suasana sepi, karena kejadiannya pada Rabu pagi (2/9/2020) pukul 04.56.

Tiba-tiba muncul motor bebek Honda yang diduga C70 melaju tanpa pengendara. Motor itu bergerak mulus dan terlihat stabil kendati melewati jalan yang tidak rata, seolah-olah memiliki fitur layaknya kendaraan otonom.

Melansir detikcom, belum diketahui penyebab dan kebenaran dari video tersebut. Ada yang berkomentar dengan nada gurauan bahwa motor bebek legendaris tersebut sudah dipasang teknologi seperti motor prototipe BMW R 1200 GR.

Memang sebenarnya sudah ada prototipe BMW R 1200 GS yang sedang mengembangkan teknologi tersebut.

Motor itu bisa menyalakan mesin sendiri, mengenali belokan, mengatur kecepatan dan rem.

MengutipVisordown, motor BMW itu ditempel sensor otomatis seperti GPS, IMU (Inetrial Measurement Unit), Steering Torque Sensor, Roll Angle Sensor, dan Steering Actuator.

Beberapa sensor lainnya yang membuat motor ini bisa melaju sendiri ialah active stand, kopling otomatis, beserta girboksnya. Semua itu dikontrol oleh komputer yang diletakkan di boks samping dan tengah.

Namun sebelum motor dilepas, perlu menggunakan test rider, pada momen ini, komputer mengambil data dari motor untuk mengendarai motor di trek. Lalu test rider turun, dan motor berjalan sendiri.

Teknologi yang tengah dibangun itu memang bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang dialami sepeda motor. Bertujuan untuk mengetahui dinamika berkendara, termasuk bagaimana mendeteksi situasi berbahaya sejak dini.

Penelitian ini kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan teknologi keselamatan di masa depan untuk manuver darurat yang mencakup pengereman mendadak dan berputar di persimpangan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *